spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Sukseskan Braga Free Vehicle, Pemkot Bandung Siapkan Sejumlah Strategi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebagai bagian dari komitmen menyukseskan Braga Free Vehicle (BFV), Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyiapkan sejumlah langkah strategi. Salah satunya yaitu mengoptimalkan Bandung Tour on Bus (Bandros).

    Inisiatif ini bertujuan untuk mengembalikan keunikan dan keindahan Jalan Braga dengan menerapkan konsep car-free (bebas kendaraan) di area tersebut.

    Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, menyampaikan Braga Citywalk akan menjadi zona eksklusif bagi pejalan kaki dan pesepeda, dengan larangan kendaraan bermotor.

    “Langkah ini diharapkan tidak hanya memberikan pengalaman wisata yang berbeda dan menarik bagi wisatawan, tetapi juga mendukung upaya pengurangan kemacetan di pusat kota,”kata Jumat (26/4/2024).

    Bambang menyebut untuk mendukung aksesibilitas ke area tersebut, pemerintah akan menyediakan layanan shuttle Bandros Sirkular khusus bagi tamu hotel di sekitar Jalan Braga.

    “Sebagai langkah persiapan, kita akan mulai melakukan uji coba rute shuttle Bandros di sekitar kawasan Braga pada hari Minggu besok,”katanya.

    Program Braga Free Vehicle merupakan langkah progresif yang harapannya akan memberikan dampak positif. Tentunya bagi pariwisata kota Bandung kemudian mendukung gaya hidup ramah lingkungan.

    Dengan mengembalikan nuansa dan keunikan Braga Tempo Doeloe, Pemkot Bandung berharap dapat menjaga dan mempromosikan warisan sejarah kota yang berharga.

    Bambang mengajak masyarakat Kota Bandung untuk mendukung upaya ini. Guna memperkuat identitas kota dan menciptakan pengalaman wisata yang berkesan di Jalan Braga.

    “Ayo bersama-sama menjaga keindahan dan keunikan kota Bandung,”ujarnya.

    Bambang menambahkan, untuk langkah antisipasi kemacetan yang komprehensif antaranya rekayasa lalu lintas, fasilitas drop off, parkir On-Street dan Kantong Parkir.

    “Nantinya, akan ada penyesuaian arus lalu lintas di sekitar Jalan Braga untuk meningkatkan efisiensi mobilitas. Nanti juga akan ada pihak berwenang menyediakan area drop-off di simpang-simpang strategis. Untuk memudahkan akses pengunjung agar memberikan alternatif yang nyaman bagi mereka yang berkunjung,” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img