spot_img
Kamis 21 Oktober 2021
spot_img
spot_img

Dayung Rowing PON XX Jabar Sumbang Enam Medali

PAPUA,FOKUSJabar.id: Kamis (7/10/2021), enam keping medali diraih tim dayung Jawa Barat pada gelaran PON XX/2021 dari Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Papua. Enam keping medali bagi kontingen Jabar kali ini diraih dari disiplin nomor rowing dengan rincian satu medali emas, empat perak dan satu perunggu.

Satu medali emas bagi Jabar dari cabang olahraga dayung PON XX/2021 nomor rowing diraih dari nomor Quadruple Sculls (W4X) Putri atas nama Melani Putri, Anggi Widiarti, Nadia Izati Nastasya, dan Syiva Lisdiana. Quartet atlet dayung Jabar berhasil mencatatkan waktu terbaik 7 menit 09.112 detik.

Medali perak di nomor W4X diraih quartet Maluku atas nama Arni Patipeluhu, Maria Bahy, Issa Behuku, dan Chelsea Corputty dengan catatan waktu 07 menit 19.669 detik. Peraih medali perunggu dari Sumatera Selatan atas nama Amanda Riandini, Raidah Nur Syafitri, Puteri Agni Anugerah, dan Risa Halimatusahdiah dengan catatan waktu 07 menit 25.024 detik.

Sementara empat medali perak diraih dari nomor Lighweight Double Sculls (LM2X) putra, Lighweight Coxless Four (LM4-) putra, Coxless Pairs (W2-) putri, dan Double Sculls (M2X) putra. Sedangkan satu medali perunggu disumbangkan dari nomor Lighweight Single Sculls (LW1X) putri atas nama Anggi Widiarti.

BACA JUGA: Billy Sugara, Hattrick Medali Emas PON di Tiga Kelas Berbeda

fokusjabar.id pon xx dayung rowing jabar
Quarter atlet Dayung Rowing Jawa Barat meraih medali emas dari nomor Quadruple Sculls (W4X) cabang olahraga dayung PON XX/2021. (FOFO: PB PON XX PAPUA)

Hingga saat ini, sebanyak tujuh medali emas sudah terdistribusi dari cabang olahraga dayung PON XX/2021 nomor rowing. Untuk sementara, Maluku memimpin klasemen raihan medali nomor rowing dengan torehan dua medali emas dan satu perak.

Diikuti Sulawesi Tenggara dengan raihan dua medali emas. Lalu Jawa Barat dengan raihan satu medali emas, empat perak dan satu perunggu.

“Sebenarnya untuk pertandingan hari ini, kita menargetkan bisa meraih dua medali emas. Namun satu target meleset dan hanya meraih perak,” kata Manajer tim dayung Jabar Alia Maedina, Kamis (7/10/2021).

Terkait peluang, Alia menuturkan jika Jabar masih terbuka untuk menambah pundi-pundi medali emas dari nomor rowing. Termasuk pada hari ketiga pertandingan cabang olahraga dayung PON XX/2021 nomor rowing, Jumat (8/10/2021) ini.

“Besok (Jumat, 8/10) akan dipertandingkan delapan nomor. Kita targetkan untuk bisa meraih minimal lima medali emas. Rowing sendiri akan dipertandingkan hingga Sabtu (9/10/2021), jadi peluang masih terbuka,” Alia menerangkan.

Sementara untuk target tim dayung Jabar di PON XX/2021, Alia mengaku jiak pihaknya menetapkan target untuk meraih minimal 13 emas. Hingga saat ini, tim dayung Jabar sudah meraih delapan medali emas. Yakni tujuh medali emas dari disiplin kano dan satu medali emas dari rowing.

“Kita masih ada peluang. Selain dari rouwing, juga dari dragon boat yang mulai dipertandingkan pada Senin (11/10) dan kita menargetkan tiga medali emas. Semoga target 13 medali emas tercapai atau bahkan bisa melampaui,” kata Alia.

(Ageng)

Artikel Lainnya

spot_img