spot_img
Rabu 24 Juli 2024
spot_img
More

    Kejar Target Vaksinasi Pemkab Ciamis Akan Minta Bantuan Pemerintah Pusat

    CIAMIS,FOKUSJabar.Id: Pemerintah Kabupaten Ciamis meminta kepada elemen masyarakat dan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan sekertariat daerah (Setda) Kabupaten Ciamis untuk mensukseskan vaksinasi untuk mengejar target sesuai ketentuan pemerintah pusat.

    Menurut Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis Tatang, saat ini Kabupaten Ciamis angka vaksinasinya masih rendah sehingga level zonasinya turun lagi yang tadinya Level-2 kini kembali lagi menjadi Level-3.

    ” Dalam satu minggu sekali pemerintah pusat memberikan penilaian dengan kondisi suatu daerah,”katanya. Selasa (5/10/2021).

    Tatang menuturkan, berdasarkan penilaian dari pemerintah pusat kondisi saat ini Kabupaten Ciamis naik menjadi Level-3 lagi setelah sebelumnya di Level-2.

    BACA JUGA: Peringatan HUT TNI, Kodim 0613/Ciamis Digelar Secara Virtual

    ” Parameter penilaian Kabupaten Ciamis turun menjadi Level-3 lagi karena angka vaksinasinya masih rendah hanya sekitar 25 persen yang KTP dan berdomisili di Kabupaten Ciamis,”ucapnya.

    Tatang mengatakan, namun kalau dijumlahkan dengan KTP Kabupaten Ciamis namun tidak berdomisili di Kabupaten Ciamis (Divaksinya di luar daerah) angka vaksinasinya sudah mencapai 35 persen.

    “Antusiasme warga memang cukup tinggi namun karena pasokan vaksin dari pemerintah pusatnya terbatas mengakibatkan gebyar vaksinasi di Ciamis tidak sesuai dengan jumlah vaksin yang ada dengan jumlah warga,”tuturnya.

    Tatang melanjutkan, untuk mengejar target vaksinasi yang masih rendah akibat kurangnya pasokan vaksin dari pemerintah pusat tersebut Pemkab Ciamis sedang mengupayakanya dengan berbagai cara agar vaksin itu bisa secepatnya didatangkan.

    ” Pak Bupati telah mengupayakan agar pasokan vaksin untuk Ciamis bisa datang sesuai yang dibutuhkan untuk memenuhi target yang dicanangkan pemerintah pusat,”jelasnya.

    Karena saat ini level kabupaten Ciamis naik lagi yang tadinya Level-2 menjadi Level-3 lagi Tatang meminta, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis tidak terkecuali untuk lebih memperketat protokol kesehatan jangan sampai mengabaikan nya.

    BACA JUGA: Banyak Kejadian Laka Laut Sejak Dibuka Kembali Pantai Pangandaran

    ” Pakai selalu masker, mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir, harus tetap jaga jarak, hindari kerumunan dan batasi aktufitas kalau tidak terlalu penting,”tegasnya.

    Sementara itu Kadis Kesehatan Kabupaten Ciamis Yoyo menjelaskan, parameter penilaian naik turun nya level suatu daerah ada sejumlah kreteria salah satunya rendahnya angka vaksinasi seperti yang dialami Kabupaten Ciamis.

    ” Yang bisa meningkatkan level suatu daerah angka vaksinasinya harus 50 persen warga biasa sedangkan untuk vaksinasi lansianya harus 40 persen dari target sasaran,”ungkapnya.

    ( Husen Maharaja)

    Berita Terbaru

    spot_img