spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    HUT Demokrat ke 20 Didedikasikan untuk Warga Terdampak COVID-19

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Hari Ulang Tahun Partai Demokrat (PD) ke-20 yang jatuh Kamis (9/9/2021) besok, akan menggelar ‘Bulan Bakti Partai Demokrat’ dan ‘Lomba Karya Kreatif’ yang didedikasikan untuk masyarakat yang terdampak Corona Virus Disease (COVID-19) secara Ekonomi.  

    Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat (PD), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah meluncurkan program Bulan Bakti Partai Demokrat 21 Agustus lalu, dengan menyalurkan bantuan sembako hingga Alat Pelindung Diri (APD) ke masyarakat.

    Adapun program ini akan terus dilakukan hingga akhir September 2021 dengan melibatkan seluruh pimpinan, kader, dan simpatisan.

    “Sesuai tema 20 Tahun Partai Demokrat yaitu ‘Demokrat Berkoalisi dengan Rakyat‘, sejak awal berdiri hingga hari ini, PD konsisten untuk terus menjadi bagian dari solusi atas masalah-masalah yang dihadapi rakyat, termasuk masalah pandemi yang kita hadapi hari ini,” kata Ketua Panitia Peringatan Dua Dekade Partai Demokrat, Agust Jovan Latuconsina dalam rilis yang diterima, Rabu (8/9/2021).

    Kegiatan Bulan Bakti Partai Demokrat telah menyalurkan 100.133 paket sembako, 79.252 masker, dan 3.812 pcs, serta 23.592 paket vitamin untuk masyarakat yang melakukan isolasi mandiri.

    PD melalui para kader di seluruh daerah juga menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) senilai lebih dari Rp 1,5 milyar, serta layanan ambulans gratis untuk pasien dan jenazah Corona Virus Disease (COVID-19) di sejumlah daerah.

    BACA JUGA: HUT ke-20, Kader Partai Demokrat Garut Dapil 4 Gelar Baksos

    Di samping itu, program Srikandi Demokrat inisiasi Annisa Pohan juga telah melayani pengisian 600 tabung oksigen gratis. Layanan ini diberikan bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

    Jovan menyampaikan ‘Bulan Bakti Partai Demokrat’ merupakan kelanjutan dari Gerakan Nasional PD Peduli dan Berbagi yang diluncurkan Agus Harimurti Yudhoyono pada 25 April lalu. Sejak 25 April-31 Juli 2020, gerakan ini telah menyalurkan bantuan senilai lebih dari Rp 250 miliar ke masyarakat.

    Sementara itu, lomba karya kreatif diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian PD terhadap perekonomian rakyat, khususnya pelaku industri kreatif. Mengusung tema Tetap Kreatif Walau Stay At Home, lomba ini juga dilakukan di rumah para peserta.

    Melalui kegiatan ini, PD menggelar 6 bidang lomba yakni, menulis artikel, melukis dan karikatur, menyanyi, fotografi, membuat video pendek; dan mendesain merchandise Demokrat. Agust menyebut kegiatan ini mendapat respons positif oleh publik mulai dari kader hingga masyarakat umum.

    “Melalui lomba karya kreatif, PD berharap bisa memotivasi para pelaku industri kreatif untuk terus bersemangat dan pantang menyerah menghadapi situasi pandemi ini. Sebelumnya, kepedulian serupa telah kami lakukan bagi kalangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lewat Gerakan Nasional Partai Demokrat ‘Bina UMKM’,” kata dia.

    Saat ini, PD telah melakukan penjurian di tingkat provinsi dan tingkat nasional secara virtual terhadap ribuan karya kreatif yang diterima panitia. Pengumuman pemenang tingkat nasional akan dilaksanakan pada 9 September 2021, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 tahun PD. Adapun acara ini akan dilaksanakan secara sederhana dan terbatas di Jakarta Convention Centre (JCC).

    BACA JUGA: Saham Perusahaan Tommy Soeharto Anjlok Sampai ARB

    Sesuai dengan aturan pemerintah, Agust menjelaskan hanya ada 50 orang undangan atau jauh di bawah 10 persen dari kapasitas ruangan. Ia juga mengatakan Partai Demokrat menjadi partai politik pertama yang menggunakan aplikasi Peduli Lindungi dalam kegiatannya.

    “Sebagai antisipasi, PD pun melakukan screening 4 lapis terhadap tamu undangan yang hadir. Pertama, harus sudah vaksin 2 kali. Kedua, hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) swab maksimal 2 x 24 jam sebelum hari H negatif Corona Virus Disease.

    Ketiga, hasil swab antigen pada hari H negatif sebelum memasuki ruangan. Keempat, Protokol Kesehatan (Prokes) yang sangat ketat di lokasi acara, yaitu menggunakan masker dan jarak antar kursi mencapai 3 meter,” kata Jovan.

    BACA JUGA: Saham Perusahaan Tommy Soeharto Anjlok Sampai ARB

    Johan menyampaikan acara ini juga akan diikuti secara virtual oleh lebih dari 10.000 kader di seluruh Indonesia. Di acara tersebut, akan memberikan penghargaan kepada para tokoh senior PD.

    Hadir pula Ketua Umum (Ketum), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk menyampaikan pidato kebangsaan yang akan disiarkan di salah satu stasiun televisi.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img