spot_img
Rabu 8 Mei 2024
spot_img
More

    TPT Sungai Ciganjeng Ambrol, Rumah Warga Terancam

    PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Pangandaran Rabu (4/8/2021) malam, mengakibatkan tembok penahan tebing (TPT) Sungai Ciganjeng, ambrol. Robohnya TPT anak Sungai Citanduy itu pun mengancam rumah warga di Desa Ciganjeng Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

    TPT yang ambrol memliki panjang sekitar 17 meter dengan tinggi 6 meter. TPT Sungai Ciganjeng ambrol  karena tidak kuat menahan derasnya aliran air sungai.

    “Kejadiannya sekitar pukul 11 malam,” kata salah seorang warga yang rumahnya tepat berada di samping lokasi kejadian, Ibnu (42), Kamis (5/8/2021).

    Ibnu mengatakan, ambrolnya TPT diduga karena kondisi bangunan yang sudah berusia puluhan tahun. Dia berharap instansi terkait terutama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy segera mengambil tindakan dan memperbaiki TPT yang ambrol.

    “Saya harap segera diperbaiki. Saya takut kalau ada hujan turun lagi akan menggerus tanah serta rumah saya dan warga lain,” kata dia.

    BACA JUGA: Pemdes Bareng Komunitas Bersihkan Sampah di Sungai Ciganjeng

    Warga lainnya, Irna (30) mengatakan, TPT dibangun ayahnya sekitar 40 tahun lalu. Ia berharap instansi terkait segera memperbaiki TPT yang ambrol karena jaraknya dekat dengan rumah warga.

    “Dulu itu dibangunnya sama bapa saya. Itu harus segera diperbaiki soalnya dekat ke rumah warga,” kata Irna.

    Secara terpisah, Kepala Desa Ciganjeng, Imang Wardiman mengaku sudah mengirimkan surat pemberitahuan ke instansi terkait. Dirinya khawatir, TPT yang ambrol mengancam rumah warga sehingga berharap segera diperbaiki.

    “Saya sudah kirim laporan soal TPT yang ambrol. Saya harap ini segera diperbaiki,” kata Imang.

    (Agus/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img