spot_img
Selasa 21 Mei 2024
spot_img
More

    Pemdes Bareng Komunitas Bersihkan Sampah di Sungai Ciganjeng

     

    PANGANDARAN, FOKUSJabar.id: Pemerintah Desa Ciganjeng Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran bekerjasama dengan Komunitas Peduli Sungai Ciganjeng menggelar kegiatan bersih-bersih sungai. Kegiatan ini juga melibatkan beberapa unsur yakni Komunitas Citanduy dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Kabupaten Pangandaran.

    Kepala Desa Ciganjeng Imang Warliman mengatakan, kegiatan bersih-bersih sungai bertujuan agar sungai yang ada di wilayah Desa Ciganjeng menjadi bersih. Setelah nantinya bersih, sungai yang ada di Desa Ciganjeng akan ditata menjadi wisata air.

    “Selain bersih sungainya kedepan nanti bisa dijadikan untuk wisata air,” kata Imang, Jumat (17/1/2020)

    Imang menuturkan, sungai yang saat ini dibersihkan sampahnya kurang lebih sepanjang 1 km. Dia berharap kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah ke sungai agar nantinya kedepan sungai ini bisa dijadikan wisata air.

    “Kegiatan ini kedepan dilakukan rutin agar tidak ada sampah lagi di sungai,” tambahnya.

    Ketua Komunitas Peduli Sungai Ciganjeng Nunu Sanusi menambahkan, kegiatan bersih-bersih sungai ini menurutnya baru pertama kali dilakukan setelah pembentukan komunitas. Kata dia, ada sekitar 20 orang anggota yang ikut Komunitas Peduli Sungai Ciganjeng ini.

    “Ini baru pertama kali setelah pembentukan,” terangnya

    Nunu mengatakan, kegiatan ini akan dilakukan rutin minimal satu bulan sekali setiap hari Jumat. Dengan banyaknya sampah yang ada di sungai, pihaknya berharap kepedulian masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai. Karena selain kotor nantinya dapat menghambat aliran air yang bisa mengakibatkan banjir.

    “Akan rutin dilakukan setiap bulan sekali,” tegasnya.

    (Agus/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img