spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    DPRD Jabar Minta Pemprov Kebut Vaksinasi di Ponpes

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Sidkon Djampi mendorong pemerintah pusat maupun provinsi segera melakukan vaksinasi pada pondok-pondok pesantren di Jawa Barat.

    “Permohonan ini juga saya sampaikan ke pemerintah pusat melalui Meteri Agama dan Menteri Polhukam dalam kesempatan webinar, dan diapresiasi Gubernur Jabar serta Polda Jabar,” kata Sidkon, Minggu (25/7/2021).

    Hingga saat ini, kata dia, persentase vaksinasi di pondok-pondok pesantren belum signifikan. Hal itu karena besarnya jumlah pondok pesantren di Jabar yang mencapai 12 ribu an.

    Dia mengatakan, sejak awal pandemi, bahkan sejak pembahasan Raperda di tahun 2020, dirinya meminta agar pemerintah pusat dan daerah memerhatikan kluster pesantren.

    Sampai saat ini progres vaksinasi di pondok pesantren belum terlalu banyak. Kendati begitu, dia mengapresiasi sejumlah pihak yang telah melakukan vaksinasi di pondok-pondok pesantren di Jabar.

    “Kodam III/Siliwangi dan Polda Jabar sudah memulai vaksinasi di Ponpes. Saya kira belum lama, tapi setidaknya sudah dimulai, seperti di Garut, Sumedang dan beberapa waktu yang akan datang di Cirebon serta daerah lainnya,” kata dia.

    BACA JUGA: Vaksinasi, DPRD Imbau Tetap Taati Prokes

    Hal ini akan menjadi komiten bersama antara Pemprov Jabar dengan Forkopimda yang ada, terutama yang memiliki definisi kesehatan, dalam hal ini TNI dan Polri.

    “Kami sangat mengapresiasi kepada Kodam III/Siliwangi dan Polda Jabar yang sudah menginisiasi vaksinasi ke pondok-pondok pesantren,” kata Sidkon.

    Lebih lanjut dia mengatakan, hadirnya Perda Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren di Jabar juga bisa memacu tanggung jawab sekaligus hak Pemprov Jabar untuk membantu secara massif proses vaksinasi di ponpes hingga tuntas.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img