spot_img
Rabu 8 Mei 2024
spot_img
More

    171 Nakes Terpapar Covid-19, RSHS Terapkan Pembatasan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Plh. Direktur Pelayanan Medik, Perawatan dan Penunjang Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung dr Yana Akhmad Supriatna mengatakan, sebanyak 171 orang tenaga kesehatan (nakes) di RSHS terpapar Covid-19.

    “Total ada 212 orang yang terpapar Covid-19 di RSHS, dengan rincian 171 orang nakes dan 41 orang non nakes. Saat ini sebanyak 14 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan sisanya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing,” kata Yana memberikan keterangan melalui video berdurasi 11 menit 45 detik, Selasa (22/6/2021).

    Untuk ketersediaan tempat tidur di ruang isolasi mandiri, kata Yana, yakni sebanyak 231 unit. Terdiri dari 48 tempat tidur ICU dan 183 tempat tidur non ICU. Dengan keterisian tempat tidur atau BOR isolasi ICU sebanyak 91 persen dan isolasi non ICU 89,6 persen.

    “Secara keseluruhan, BOR sudah mencapai 89 persen. RSHS sudah merawat 207 pasien,” kata dia.

    BACA JUGA: Covid-19 Menggila, Yana Sesalkan Camat Rancasari dan Lurah Derwati Kunjungan Ke Yogyakarta

    Menurutnya, pelayanan di RSHS saat ini masih berjalan baik untuk pasien Covid-19 maupun non Covid-19. Meski demikian, seiring kasus Covid-19 yang meningkat, ikut berpengaruh terhadap kondisi psikologis tenaga kesehatan.

    “Kasus semakin meningkat beberapa minggu terakhir ini menyebabkan beban baru bagi nakes kami, baik secara psikologis maupun fisik. Dengan bertambahnya kasus apalagi ada di kawan nakes kena Covid-19, ada aspek psikologis, ada peningkatan kasus,” Yana menuturkan.

    Yana menambahkan, akibat terjadi lonjakan kasus Covid-19, pihaknya kembali melakukan kebijakan pembatasan.

    “Pembatasan kegiatan operasi, pasien yang berada di IGD terlebih dahulu kita screening termasuk penunggu dan pembatasan penunggu pasien hanya satu orang,” kata dia.

    (Yusuf Mugni/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img