spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    Yuk Kenali 5 Penyebab Migrain Penghambat Aktivitas

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Migrain adalah kondisi dimana kepala mengalami sakit atau pusing namun hanya sebagian saja. Kondisi satu ini dapat dipicu oleh berbagai hal, sebut saja seperti stres hingga banyak pikiran.

    Ada beberapa penyebabnya yang perlu untuk anda ketahui agar bisa mengatasinya lebih lanjut. Apa saja penyebabnya? Simak ulasan berikut ini.

    Beberapa Hal yang Dapat Menyebabkan Migrain

    1. Stres yang Berlarut Larut

    Hal pertama yang menjadi pemicu adalah stres yang berkepanjangan. Ketika stres, tentunya otot akan menjadi lebih tegang sehingga mampu menyebabkan asam lambung meningkat, tekanan darah menjadi naik dan bisa menjadi pemicu migrain. Jika hal ini terjadi, migrain dapat terjadi bahkan hingga berhari hari.

    BACA JUGA: 7 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

    Untuk itu, penting bagi anda agar memiliki kemampuan meredakan dan mengendalikan stres dengan baik agar migrain tidak berkepanjangan. Anda juga perlu memiliki waktu istirahat yang cukup dan melakukan hal hal yang mampu membuat pikiran rileks. Sebut saja seperti mendengarkan musik atau mengunjungi tempat tempat yang membuat pikiran menjadi tenang.

    2. Suara yang Bising

    Tidak dapat dipungkiri kebisingan juga menjadi penyebab migrain. Hal ini disebabkan oleh sensivitas akan suara memang berbeda beda setiap orang. Akan tetapi, apabila anda kerap kali merasa migran dan pusing setelah mendengar suara yang bising, anda bisa mencoba untuk menjauhi sumber suara yang mengganggu tersebut.

    Sebab, suara yang bising dapat menjadi salah satu penyebab dan meningkatkan potensi stres yang berlebih. Tentunya hal ini dapat membuat keadaan menjadi buruk. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah kondisi ini adalah dengan menggunakan penutup telinga agar suara yang keras tersebut dapat diminimalisir.

    3. Terlalu Lama Menatap Layar Monitor

    Bukan Hanya Stres, Kenali 5 Penyebab Migrain yang Mampu Hambat Aktivitas

    Ketika anda duduk di layar monitor atau depan gadget dalam waktu yang lama, kondisi ini juga bisa menjadi salah satu penyebab migrain. Sebab menatap monitor yang memancarkan sinar radiasi dalam waktu yang lama akan membuat kepala sakit. Terlebih lagi ketika anda berada di ruangan dengan cahaya yang tidak seimbang.

    Tentu saja hal ini akan membuat kondisi semakin buruk. Sebab mampu memicu ketegangan dan juga kelelahan pada mata. Ada salah satu cara yang bisa anda gunakan dalam mengatasi hal ini, seperti menggunakan glare screen pada monitor. Selain itu, anda juga perlu menghindari penggunaan tulisan dalam ukuran font yang kecil dan perhatikan postur tubuh yang ergonomis.

    4. Perhatikan Konsumsi Makanan dan Minuman

    Hal lain yang dapat memicu migrain adalah konsumsi makanan dan minuman yang sembarangan. Hal ini dikarenakan jika anda termasuk orang yang sensitif, maka konsumsi makanan dan minuman tertentu akan mampu menyebabkan sakit kepala. Sebut saja beberapa hidangan yang dapat menjadi penyebab migrain adalah makanan yang mengandung Msg dan juga alkohol.

    Meskipun makanan tersebut memiliki rasa yang lezat, namun justru bisa mengganggu kesehatan anda. Tidak hanya itu, jadwal makan yang berantakan juga bisa menjadi pemicu migrain. Sehingga anda perlu makan dengan teratur, tepat waktu dan konsumsi makanan yang mengandung gizi yang baik untuk tubuh anda.

    Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab dari migrain atau sakit kepala sebelah. Kondisi satu ini tentunya sangat mengganggu, sebab akan membuat aktivitas menjadi terhambat. Oleh karena itu, apabila anda merasa migrain tak ada salahnya untuk mengunjungi dokter atau klinik terdekat agar bisa mendapatkan perawatan dan penanganan secara tepat.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img