spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    266 Atlet Gulat dari 23 Kota/Kabupaten Berebut Kuota Porprov Jabar XIV

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sebanyak 266 atlet gulat dari 23 kota dan kabupaten di Jawa Barat berkompetisi dalam babak kualifikasi memperebutkan kuota untuk tampil di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jabar XIV tahun 2022. Babak kualifikasi sendiri digelar di GOR Gulat Jabar, komplek olahraga Pajajaran, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, 12-16 Juni 2021.

    Ketua Pelaksana Babak Kualifikasi Porprov Jabar XIV/2022 cabang olahraga gula, Bambang Erawan mengatakan, ke-266 atlet tersebut terdiri dari 198 atlet putra dan 68 atlet putri. Dari total pengcab Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) kota/kabupaten di Jabar, hanya Kota Bekasi yang tidak mengikuti babak kualifikasi.

    “Kota Bekasi mengundurkan diri karena atlet yang mereka kirimkan tidak lolos pada sesi keabsahan pada 12 Juni kemarin sehingga hanya 23 kota dan kabupaten yang mengikuti babak kualifikasi,” kata Bambang saat ditemui di GOR Gulat Jabar, komplek olahraga Pajajaran, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Slasa (15/6/2021).

    fokusjabar.id gulat porprov XIV jabar
    Babak kualifikasi Porprov Jabar XIV cabor gulat. (FOTO: Ageng)

    Pada babak kualifikasi yang digelar saat masih kondisi pandemi, Bambang mengaku jika pihaknya melakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari membatasi orang yang masuk ke arena pertandingan hingga pelaksanaan swab test bagi seluruh atlet dan ofisial yang akan bertanding.

    “Swab test kita lakukan setiap hari sebelum atlet bertanding bersamaan dengan penimbangan badan. Jika dinyatakan positif dari hasil swab test, atlet yang bersangkutan diskualifikasi dan langsung dipulangkan. Jadi sebelum pertandingan dimulai pada pukul 13.00 WIB, kita lakukan swab test dulu,” kata dia.

    BACA JUGA: Berikut Ini Deretan Jalan Angker di Jawa Barat, Salah Satunya Ada di Ciamis

    Untuk kelolosan atlet ke ajang Porprov Jabar XIV, lanjut dia, menggunakan sistem by number. Sehingga setiap daerah bisa mengganti atlet yang akan tampil pada pertandingan cabang olahraga gulat di Porprov Jabar XIV pada tahun 2022 nanti. Dengan catatan, memenuhi persayaratan batas usia serta sesuai dengan kelas pertandingan yang lolos saat babak kualifikasi.

    “Jadi untuk batas usia, kita menetapkan minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun saat gelaran Porprov Jabar XIV dilaksanakan pada tahun 2022. Kalau ada atlet yang masih berusia 17 tahun ikut bertanding di babak kualifikasi saat ini, maka harus menyertakan surat dokter dan surat izin orangtua,” Bambang menerangkan.

    fokusjabar.id gulat porprov XIV jabar
    Babak kualifikasi Porprov Jabar XIV cabor gulat. (FOTO: Ageng)

    Sedangkan untuk total kuota atlet gulat di ajang Porprov Jabar XIV tahun 2022 mendatang, sebanyak 240 atlet yang terbagi di 30 kelas pertandingan. Baik di nomor grego putra, bebas putra dan bebas putri.

    “Dari babak kualifikasi ini, diambil tujuh atlet untuk setiap kelas ditambah satu atlet tuan rumah yang secara otomatis lolos langsung. Sehingga di babak kualifikasi ini, hanya 210 orang atlet yang berhak tampil di Porprov Jabar XIV tahun 2022 nanti di Kabupaten Bandung Barat,” kata Bambang.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img