spot_img
Selasa 3 Agustus 2021
spot_img
spot_img

5 Penyebab Bibir Kering yang Wajib Anda Waspadai

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Masalah bibir kering dan juga pecah pecah kerap kali ditemukan pada sebagian orang. Tentu saja kondisi satu ini dikarenakan bibir merupakan salah satu kulit yang lebih halus dan tipis dibandingkan dengan yang lain.

Sehingga tak mengherankan akan sangat rentan untuk mengalami kondisi tersebut. Ada beberapa penyebab bibir kering dan pecah pecah yang perlu anda ketahui, simak ulasannya berikut ini.

Hal yang Menyebabkan Bibir Menjadi Kering

1. Memiliki Kebiasaan Menjilat Bibir

Salah satu yang menyebabkan bibir kering sekaligus pecah pecah adalah kebiasaan menjilat bibir. Apabila bibir sedang kering, maka anda pun akan cenderung menjilatnya untuk membuat bibir menjadi basah. Dengan melakukan kebiasaan satu ini memang akan membuat bibir nampak lebih lembab. Akan tetapi, hal tersebut hanya terjadi dalam waktu yang singkat saja.

BACA JUGA: Ini Dia 5 Cara Atasi Bibir Kering

Hal ini dikarenakan air liur yang terdapat di dalam mulut akan cepat menguap dan kering. Dengan begitu, hal ini akan membuat bibir menjadi semakin kering dan pecah pecah. Lantaran air liur akan membuat bibir menjadi lembab hanya dalam waktu sementara saja. untuk itu, di saat bibir sedang kering ada baiknya anda menghindari kebiasaan satu ini.

2. Terjadinya Perubahan Cuaca

Kondisi lainnya yang menjadi penyebab bibir kering adalah terjadinya perubahan cuaca. Cuaca yang berubah ubah ternyata akan membuat kondisi bibir menjadi kering sekaligus pecah pecah. Terutama ketika anda tiba tiba berada di cuaca yang dingin, maka bibir pun akan lebih rentan untuk mengalami kering.

3. Bernapas Melalui Mulut

Ketika anda bernapas melalui mulut, ternyata hal tersebut akan membuat bibir menjadi lebih kering. Hal ini dikarenakan bernafas dengan cara satu ini dapat membuat kelembaban pada bibir menjadi berkurang. Dengan begitu, hal ini akan menyebabkan permukaan dari kulit bibir menjadi semakin kering dan pecah pecah.

4. Terkena Sinar Matahari

Saat anda memiliki segudang aktivitas di luar ruangan selama seharian penuh, kondisi tersebut akan membuat kulit bibir menjadi lebih kering dan timbul pecah pecah. Hal ini dikarenakan paparan matahari yang mengandung sinar UV tersebut akan membuat kulit pada bibir menjadi rusak dan kering.

Tak hanya itu saja, penyebab bibir kering lantaran terkena sinar matahari ini pun akan menyebabkan keratosis aktinik. Dimana kondisi medis tersebut akan membuat kulit bibir menjadi pecah pecah dan kering. Bahkan bibir pun akan memiliki tekstur yang cenderung menjadi lebih kasar.

5. Mengonsumsi Makanan yang Pedas dan Asin

5 Penyebab Bibir Kering yang Wajib Anda Waspadai

Hal lain yang membuat bibir menjadi kering adalah mengonsumsi makanan yang pedas dan asin. Hal ini dikarenakan ketika anda banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut akan membuat bibir menjadi pecah pecah dan kering. Kandungan garam yang terdapat di dalam makanan asin akan membuat bibir menjadi berkurang kelembabanya.

Sedangkan untuk makanan yang pedas juga akan menimbulkan efek yang sama. Bahkan mampu membuat kulit bibir menjadi teriritasi dan menjadi salah satu penyebab bibir kering. Oleh karena itu, apabila anda mendapati bibir sedang kering sekaligus pecah pecah, ada baiknya anda menghindari dulu konsumsi makanan yang pedas dan asin.

Itulah beberapa hal yang bisa anda hindari agar bibir tidak mengalami kering dan pecah pecah. Selain itu, perbanyak minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Sebab, apabila anda menderita dehidrasi, maka hal tersebut akan memicu kulit yang kering, bahkan pada permukaan bibir. Untuk itu, sebaiknya anda mulai mengonsumsi sekitar 8 gelas setiap harinya.

(Antik Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img