spot_img
Senin 2 Agustus 2021
spot_img
spot_img

Ini Dia 5 Cara Atasi Bibir Kering

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bibir kering dan pecah pecah merupakan salah satu kondisi yang kerap kali dialami oleh sebagian orang. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, mulai dar sering menjilat bibir hingga perubahan cuaca. Jika anda sedang mengalami hal tersebut, berikut simak cara atasi bibir kering berikut ini.

Cara Mudah Untuk Mengatasi Bibir Yang Kering Dan Pecah Pecah

1. Hindari Merokok

Apabila anda memiliki kebiasaan merokok, ada baiknya untuk mulai menghindari hal tersebut. Sebab, kebiasaan satu ini menjadi salah satu penyebab bibir menjadi kering dan pecah pecah. Ketika merokok, asap tembakau dari rokok tersebut akan membuat area pada bibir menjadi iritasi, terlebih lagi ketika anda memiliki kulit yang sensitif.

2. Gunakan Bahan Alami

Bibir yang kering dan pecah pecah juga bisa diatasi dengan menggunakan bahan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Adapun beberapa bahan alami yang bisa digunakan antara lain minyak zaitun, lidah buaya dan juga minyak kelapa. Hal ini karena ketiga bahan tersebut memiliki kandungan anti mikroba sekaligus anti radang.

BACA JUGA: Mengintip 5 Cara Atasi Gondongan dengan Menggunakan Bahan Alami

Sehingga, dengan adanya kandungan tersebut akan mampu membuat bibir menjadi lebih lembab. Tidak hanya itu saja, cara atasi bibir kering dengan menggunakan bahan alami tersebut juga berfungsi untuk menghaluskan permukaan bibir hingga mencegah infeksi. Untuk itu, tak ada salahnya mencoba cara satu ini.

3. Melakukan Eksfoliasi

Salah satu cara untuk mengatasi bibir yang kering adalah dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Dengan melakukan kegiatan satu ini secara rutin akan mampu untuk mengatasi kulit bibir yang pecah pecah. Sebab, proses eksfoliasi sendiri, nantinya kulit yang pecah pecah tersebut akan mengelupas. Dengan begitu, kulit yang baru akan tumbuh.

Anda bisa melakukannya dengan menggunakan scrub bibir yang mudah di jumpai di toko kecantikan. Namun hindari untuk mengelupas kulit bibir yang kering dan mengelupas tersebut secara langsung dengan menggunakan tangan. Sebab hal ini akan mampu untuk membuat kondisinya menjadi semakin parah dan menjadi lama untuk sembuh.

4. Hindari Untuk Menjilat Bibir

Cara atasi bibir kering selanjutnya adalah dengan menghindari kebiasaan menjilat bibir. Pasalnya, air liur yang ada di dalam mulut merupakan cairan yang mudah menguap dan juga kering. Sehingga nantinya akan membuat bibir menjadi semakin kering apabila anda sering untuk melakukannya. Dengan begitu, hal ini akan membuat bibir menjadi pecah pecah.

5. Mengoleskan Pelembab Bibir

Tak Hanya Minum Air Putih, Yuk Cari Tahu 5 Cara Atasi Bibir Kering

Ketika anda mengalami kondisi bibir yang kering dan pecah pecah salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan rutin mengoleskan pelembab bibir. Anda pun bisa memilih pelembab yang memiliki kandungan beeswax, lanolin dan juga petroleum jelly. Namun, sebaiknya anda tidak memilih pelembab yang mengandung pewarna ataupun zat wangi lainnya.

Saat anda sedang berada diluar seharian, pastikan untuk mengoleskan pelembab bibir sebelum mulai beraktivitas. Anda juga bisa memilih pelembab yang mengandung tabir surya untuk mencegah terkena sinar matahari. Cara atasi bibir kering menggunakan pelembab ini bisa anda coba agar bibir tetap lembab selama seharian.

Masalah bibir yang kering dan pecah pecah memang bukan lah salah satu penyakit yang serius. Akan tetapi, apabila anda membiarkannya akan membuat bibir menjadi semakin pecah pecah bahkan bisa berdarah apabila anda mengelupasnya dengan menggunakan tangan. Oleh karena itu, gunakan beberapa cara tersebut untuk mengatasi masalah bibir kering dan pecah pecah yang anda derita.

(Antik Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img