spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Mengintip 5 Cara Atasi Gondongan dengan Menggunakan Bahan Alami

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gondongan adalah salah satu kondisi dimana salah satu sisi pada bagian wajah mengalami pembengkakan yang disertai dengan rasa nyeri. Bahkan tak jarang penderitanya pun akan merasakan sakit ketika menelan hingga demam yang mencapai 38 derajat celsius. Sebelum membawanya ke dokter, anda bisa mengetahui cara atasi gondongan dengan menggunakan bahan bahan yang alami berikut ini.

    Tips Atasi Gondongan Secara Alami

    1. Gunakan Es Batu

    Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gondongan adalah dengan menggunakan es batu. Es batu sendiri berguna untuk mengurangi terjadinya pembengkakan. Dengan menggunakan es batu, pembengkakan yang ada di kelenjar parotis ini akan berkurang.

    BACA JUGA: 4 Bahan Alami Atasi Sariawan

    Oleh karena itu, tak ada salahnya bagi anda untuk mengompres bagian wajah yang sedang mengalami pembengkakan tersebut dengan menggunakan es batu. Caranya adalah ambil beberapa es batu dan juga kain yang bersih. Setelah itu, balutlah es batu dengan menggunakan kain dan kompreskan pada bagian wajah yang bengkak.

    2. Jahe

    Cara atasi gondongan selanjutnya adalah dengan menggunakan jahe. Hal ini dikarenakan pada jahe terdapat kandungan minyak atsiri yang ada di dalamnya. Dengan begitu, ketika anda mengonsumsi air jahe ataupun mencampur teh jahe dengan madu akan membuat sistem daya tahan tubuh menjadi semakin baik.

    Tak hanya itu saja, minyak atsiri yang terdapat di dalam jahe juga mempunyai manfaat yakni anti peradangan. Sehingga ketika anda mengonsumsi air jahe maupun teh jahe secara rutin, hal tersebut akan membuat radang pada penyakit gondong menjadi berkurang. Oleh karena itu, anda pun bisa menerapkan salah satu cara ini.

    3. Bawang Putih

    Tahukah anda ternyata bawang putih juga memiliki kandungan untuk menyembuhkan penyakit gondongan? Hal ini lantarn terdapat allicin yang terdapat di dalam bawang putih sehingga membuat sistem kekebalan dalam tubuh menjadi meningkat. Dengan sistem kekebalan tubuh yang optimal tentunya akan membuat virus penyebab penyakit ini dapat menghilang.

    Untuk itu, cara atasi gondongan bisa anda lakukan dengan memberikan bawang putih pada makanan yang anda konsumsi. Contohnya memasukkannya pada sup dan juga berbagai makanan yang lain. Dengan begitu, akan menjadi salah satu cara untuk menyembuhkan penyakit satu ini.

    4. Lidah Buaya

    Mengintip 5 Cara Atasi Gondongan Dengan Menggunakan Bahan Alami

    Lidah buaya memang dikenal memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan rambut dan juga kulit. Akan tetapi, tidak hanya itu saja lantaran tanaman satu ini bisa anda gunakan untuk mengobati penyakit gondongan. Salah satunya dengan mengompres bagian sisi wajah yang terkena pembengkakan dengan menggunakan tanaman ini.

    Adanya efek dingin yang diberikan oleh tanaman ini ternyata akan mampu meringankan gejala dari penyakit gondongan. Sehingga, anda pun bisa menggunakan gel dari lidah buaya yang telah dipotong menjadi dua. Kemudian oleskan pada bagian yang terken gondongan selama beberapa kali.

    5. Air Putih

    Dengan mengonsumsi air putih secara rutin, ternyata juga menjadi salah satu cara atasi gondongan. Hal ini dikarenakan nyeri yang terdapat pada rahang bagian belakang penyakit ini mampu mengakibatkan kurangnya nafsu makan atau minum. Sehingga apabila dibiarkan secara terus menerus akan menimbulkan dehidrasi.

    Untuk itu, sebelum anda membawanya ke dokter terdapat cara cara alami yang bisa anda lakukan. Akan tetapi, apabila penyakit tersebut telah terjadi dalam waktu yang lama dan tak kunjung mereda, ada baiknya anda segera menghubunginya ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dengan begitu, penyakit gondongan yang anda derita akan bisa sembuh.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img