spot_img
Kamis 17 Juni 2021
spot_img
spot_img

4 Bahan Alami Atasi Sariawan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sariawan menjadi salah satu masalah kesehatan yang cukup mengganggu. Hal ini dikarenakan membuat penderitanya menjadi susah makan ataupun minum bahkan dalam kondisi yang parah akan membuatnya tidak nyaman untuk berbicara.

Akan tetapi, hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan bahan bahan yang alami. Yuk intip beberapa cara mengatasinya.

1. Mengonsumsi Sayur dan Buah Buahan

Cara pertama yang bisa anda lakukan dengan mengonsumsi sayur dan juga buah buahan. Hal ini dikarenakan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi akan mampu memenuhi kebutuhan akan gizi dan nutrisi harian anda. Sebut saja seperti zat besi, zinc hingga berbagai macam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

BACA JUGA: 4 Cara Atasi Sakit Tenggorokan Secara Alami

Adapun berbagai nutrisi tersebut bisa anda peroleh dari sayur dan juga buah buahan. Selain mengonsumsi sayur dan buah, anda juga bisa mendapatkan nutrisi tersebut dari beberapa suplemen tambahan.

Dengan begitu, nantinya sariawan yang anda derita pun akan cepat sembuh, apabila anda mengonsumsi makanan yang memang mengandung gizi tinggi.

2. Mengoleskan Madu

Madu juga bisa menjadi salah satu cara yang bisa anda lakukan dengan mudah. Hal ini dikarenakan madu memiliki sifat anti radang dan juga anti bakteri yang bagus bagi tubuh. Dengan kandungan yang dimilikinya tersebut tentu saja akan mampu mengobati sariawan yang anda derita.

Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengoleskan madu pada bibir atau mulut yang terkena sariawan. Anda bisa mengoleskannya sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari.

Lakukan cara ini secara terus menerus hingga benar benar sembuh atau mereda. Anda pun bisa menggunakan jenis madu murni untuk mengoleskan ke sariawan yang diderita.

3. Mengompresnya Dengan Menggunakan Teh Chamomile

Yuk Cari Tahu 4 Bahan Alami Untuk Atasi Sariawan, Simak Disini

Selanjutnya, anda bisa mengompres sariawan yang diderita tersebut dengan menggunakan teh chamomile. Hal ini dikarenakan pada teh tersebut memiliki kandungan senyawa antiradang dan jug antiseptik. Diantaranya seperti evomenol dan juga azulene.

Dimana senyawa tersebut memiliki fungsi untuk meredakan sekaligus mempercepat proses penyembuhannya. 

Untuk anda yang tertarik menggunakan dengan cara kantong teh chamomile, maka anda pun bisa merendam kantong teh tersebut dengan menggunakan air hangat. Lalu, kompreslah luka dengan menggunakan kantong teh tersebut. Anda bisa melakukan cara ini dalam waktu sekitar 5 menit dalam durasi 3 hingga 4 kali sehari.

4. Berkumur Dengan Air Garam

Hal lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sariawan adalah dengan berkumur dengan menggunakan larutan air garam. Cara ini bisa anda lakukan untuk mengurangi nyeri, radang dan juga sebagai salah satu cara untuk mempercepat proses penyembuhan. Cara yang perlu anda lakukan pun cukup mudah.

Siapkan satu sendok teh garam dan larutkan dengan setengah gelas air hangat. Setelah itu, anda bisa berkumur dengan menggunakan larutan tersebut dalam waktu sekitar 15 hingga 30 detik. Cara atasi sariawan ini bisa anda coba di rumah secara rutin hingga sariawan dirasa cukup mereda atau benar benar sembuh.

Itulah cara cara mudah yang bisa anda terapkan untuk menghilangkan atau meredakan sariawan. Bahan bahan tersebut sangat mudah sekali untuk anda temukan di rumah. Dengan begitu, anda nantinya bisa menyembuhkan sariawan dengan bahan alami tersebut. Namun, jika sariawan tak berangsur membaik, ada baiknya anda segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan obat ataupun perawatan.

(Antik Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img