spot_img
Kamis 17 Juni 2021
spot_img
spot_img

4 Cara Atasi Sakit Tenggorokan Secara Alami

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sakit tenggorokan adalah salah satu kondisi yang membuat anda tidak dapat mengonsumsi makanan dengan nyaman. Biasanya hal tersebut ditandai dengan rasa nyeri, terutama ketika sedang menelan makanan.

Umumnya, kondisi ini dapat terjadi lantaran adanya respon dari kekebalan tubuh terhadap bakteri atau virus. Berikut ini akan diulas beberapa cara atasi sakit tenggorokan secara alami.

Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan?

1. Mengonsumsi Teh Chamomile

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan yang mengganggu adalah dengan mengonsumsi teh chamomile. Teh satu ini memang memiliki efek menenangkan secara alami. Tak heran jika bahan satu ini sudah sejak lama digunakan untuk pengobatan, salah satunya adalah meredakan sakit tenggorokan yang mengganggu.

BACA JUGA: 4 Penyebab Sakit Pinggang yang Harus Anda Ketahui

Tidak hanya itu saja, hal ini dikarenakan kandungan dan manfaat yang terdapat di dalam teh chamomile. Sebut saja seperti antioksidan, anti inflamasi dan juga beberapa zat lainnya. Bahkan penelitian pun menunjukkan bahwa dengan menghirup uap yang ada pada teh chamomile akan mampu meredakan gejala batuk dan pilek, salah satunya seperti sakit tenggorokan.

2. Kumur Dengan Menggunakan Air Garam

Cara atasi sakit tenggorokan yang bisa anda coba selanjutnya adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Dengan menggunakan cara ini, dipercaya mampu meredakan sakit pada tenggorokan. Hal ini dikarenakan berkumur dengan air garam akan mengusir bakteri yang ada di dalam tenggorokan.

Untuk anda yang tertarik menggunakan cara satu ini, langkah pembuatannya pun cukup mudah. Dimana anda hanya perlu menyiapkan air dan garam. Kemudian, buatlah larutan air asin dengan takaran setengah sendok teh garam yang dicampurkan dengan segelas air hangat.

Kemudian, anda pun bisa berkumur dengan menggunakan air garam tersebut. Cara satu ini memiliki tujuan agar mampu mengurangi pembengkakan yang ada pada tenggorokan dan menjaga kebersihannya. Anda bisa melakukannya secara rutin yakni dengan setiap tiga jam sekali agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.

3. Konsumsi Madu

Sudah tidak dapat dipungkiri, madu menjadi salah satu bahan alami yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Cara atasi sakit tenggorokan ini pun juga bisa anda lakukan dengan menggunakan madu. Anda bisa mengonsumsi madu secara langsung ataupun mencampurkannya dengan teh.

Pada halaman Health Line, studi mengatakan bahwa jika madu cenderung lebih efektif untuk meminimalisir batuk di malam hari ketimbang menggunakan obat batuk biasa. Bahkan penelitian lain mengatakan jika dengan mengonsumsi madu dapat menyembuhkan luka dan mempercepat proses penyembuhan ketika sakit tenggorokan.

4. Menyemprotkan Minyak Peppermint

Bikin Makan Tak Nyaman, Berikut 4 Cara Atasi Sakit Tenggorokan Secara Alami

Hal selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sakit pada tenggorokan ini adalah dengan menyemprotkan minyak peppermint yang telah diencerkan. Hal ini dikarenakan pada peppermint terdapat kandungan mentol yang mampu mengencerkan lendir. Sehingga akan menimbulkan efek menenangkan ketika sakit tenggorokan.

Selain itu, pada peppermint juga memiliki kandungan antibakteri, antiinflamasi dan juga antivirus. Sehingga mampu membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Sehingga anda pun bisa menggunakan minyak satu ini sebagai cara atasi sakit tenggorokan. Campurkan minyak ini dengan minyak pembawa lain seperti minyak zaitun hingga minyak kelapa.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Rasa sakit pada tenggorokan ini akan membuat anda menjadi tidak nyaman. Oleh karena itu, anda bisa mencoba cara cara tersebut untuk meredakannya. Apabila sakit tetap berlanjut dan semakin bertambah parah, maka anda pun bisa menghubungi dokter untuk informasi lebih lanjut.

(Antik Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img