spot_img
Rabu 16 Juni 2021
spot_img
spot_img

4 Penyebab Sakit Pinggang yang Harus Anda Ketahui

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sakit pinggang menjadi salah satu kondisi yang tidak nyaman bagi tubuh. Hal ini dikarenakan mampu mempengaruhi kinerja seseorang. Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab sakit pinggang, mulai dari ketegangan atau tubuh memiliki mekanisme yang cukup buruk dalam mengangkat beban yang berat. Akan tetapi tak hanya itu saja, berikut ini penyebab lain yang harus anda ketahui.

Hal Yang Menjadi Penyebab Pinggang Sakit

1. Mengalami Ketegangan Pada Otot

Hal pertama yang terjadi ketika otot mengalami tegang, maka hal tersebut dapat berimbas pada sakit pinggang. Hal ini dikarenakan saat tubuh melakukan berbagai gerakan yang sebelumnya tidak biasa untuk dilakukan, maka hal tersebut dapat memicu kondisi otot yang tegang. Kondisi tersebut dapat terjadi karena otot ligamen yang tertarik.

BACA JUGA: Hanya Rp2 Jutaan, Redmi Note 10 S Unggul di berbagai Lini

Bahkan jika kondisinya cukup parah, hal ini dapat membuat otot ligamen dan otot menjadi robek. Tentunya masalah tersebut bisa membuat sakit pinggang pada bagian belakang. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan otot menjadi tegang. Diantaranya adalah tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga hingga posisi berdiri yang tidak tepat.

2. Salah Tidur atau Salah Bantal

Kondisi lain yang menjadi penyebab sakit pinggang bagian belakang adalah salah bantal ketika tidur. Apabila anda mengalami sakit pinggang, maka salah satu penyebab yang mungkin terjadi adalah kasur yang keras, posisi tidur yang salah dan juga menggunakan bantal dengan posisi yang tidak benar.

Hal ini dikarenakan bantal yang pas untuk digunakan merupakan bantal yang dapat mendukung agar bagian kurva pada tulang belakang sampai leher. Apabila anda tidur dengan menggunakan bantal yang kurang nyaman, anda pun sebaiknya mengganti bantal tersebut dengan yang lebih nyaman untuk digunakan.

3. Kasur Terlalu Keras

Jangan Sepelekan, Berikut 4 Penyebab Sakit Pinggang yang Harus Anda Ketahui

Sakit pinggang bagian belakang juga kerap kali terjadi lantaran anda tidur pada kasur yang terlalu keras. Jika anda tidur pada kasur yang tidak nyaman dan keras, hal ini tentu saja akan menjadi salah satu hal yang memicu sakit pinggang. Oleh sebab itu, anda sebaiknya memilih kasur yang nyaman agar masalah pinggang sakit tidak dapat terjadi.

4. Tidur Dengan Posisi yang Tidak Tepat

Jika anda tidak dengan posisi yang salah, ternyata kondisi tersebut dapat menjadi penyebab sakit pinggang pada bagian belakang. Ketika anda mengalami situasi satu ini, maka hal ini tentu saja dapat menjadi salah satu pemicu. Terlebih lagi, kondisi satu ini juga jarang untuk disadari penderitanya karena sedang tidur.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya anda mengatur posisi yang nyaman terlebih dahulu sebelum tidur. Sebab, ketika anda mengambil posisi yang salah, hal ini akan menyebabkan sakit pada bagian belakang pinggang. Salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah dengan berbaring dengan posisi yang terlentang.

Kemudian, posisikan agar punggung lurus berada di atas kasur. Lalu anda pun bisa meletakkan bantal yang tipis di bawah kepala dan juga bahwa lutut. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tegangan yang terjadi pada leher dan juga punggung bawah. Sebab, tidur dalam posisi yang salah menjadi penyebab sakit pinggang yang kerap kali terjadi.

Selain itu, faktor internal yang bisa menyebabkan pinggang merasa sakit adalah kegemukan. Sebab, badan yang terlalu berat akan memberikan tekanan yang berlebih pada tubuh. Hal ini tentu saja akan memicu timbulnya sakit pinggang. Oleh karena itu, sebaiknya anda mencegah agar kondisi satu ini tidak terjadi, dengan cara tidur dalam posisi yang pas dan memilih kasur yang nyaman.

(Antik Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img