spot_img
Jumat 7 Mei 2021
spot_img
spot_img

Bupati Ciamis Larang ASN Mudik

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menegaskan larangan mudik untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkungan pemerintahan Kabupaten Ciamis.

“ASN tidak diperbolehkan mudik, harus stay di Ciamis. Apalagi kalau pakai mobil dinas, itu sangat dilarang,” kata Herdiat, Senin (3/5/2021).

Hal tersebut ditegaskan sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19. Dikhawatirkan akan terjadi lonjakan kasus jika aparatur sipil negara atau masyarakat mudik saat lebaran nanti.

“Lebaran nanti tidak ada ASN yang mengajukan cuti, kecuali sakit. Tapi mudah-mudahan saja tidak ada yang sakit,” kata dia.

Herdiat mengungkapkan, kurang lebih sebanyak 90 persen ASN merupakan warga Kabupaten Ciamis. Sedangkan sisanya 10 persen yang warga luar Ciamis.

BACA JUGA: Ngabuburit Ala Sakola Motekar Ciamis Ciptakan Perputaran Ekonomi

“Jumlah ASN Ciamis juga tidak banyak. Jadi mudah-mudahan mereka bisa mengerti dan paham akan situasi saat ini,” katanya.

Selain ASN, Herdiat juga melarang masyarakat yang saat ini berada di luar kota atau zona merah, untuk mudik ke Ciamis. Jika memaksakan mudik maka masyarakat tersebut harus menunjukan hasil tes negatif Covid-19, yang nanti akan ketua RT/RW setempat tanyakan.

“Mudik tahun ini sangat ribet, harus tunjukan surat tes bebas Covid-19. Kalau tidak ada harus isolasi di tempat khusus yang telah disediakan pihak desa,” ucapnya.

Herdiat mengimbau masyarakat yang berada di luar kota, agar tidak mudik dulu ke Ciamis. Hal tersebut supaya kasus Covid-19 ini tidak naik terus dan kemudian bisa berakhir.

“Kepada keluarga yang punya kerabat di luar kota, mohon ingatkan agar jangan mudik dulu. Tahan rasa kangennya untuk kesehatan kita semua yang berada di Ciamis,” katanya.

(Riza M Irfansyah/Anthika Asmara)

 

Artikel Lainnya

spot_img