spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Melalui Webinar, JNE Ajak UKM Sukabumi Go Digital dan Scale-Up

    SUKABUMI,FOKUSJabar.id: Pandemi Covid-19, membuat perubahan dalam pola hidup masyarakat termasuk dari sisi kebiasaan berbelanja yang mulai beralih secara online. Hal ini menuntut para pelaku usaha, khususnya UKM, untuk siap terjun ke dunia digital.

    Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman logistik dan memiliki hubungan erat dengan pelaku UKM, JNE Express menghadirkan webinar bertajuk ‘JNE Ngajak Online 2021-Goll…Aborasi Bisnis Online 2021. Melalui kegiatan webinar, diharapkan bisa menjadi sarana bagi pelaku UKM belajar dan mengembangkan usahanya sehingga dapat meningkatkan ekonomi kreatif. Salah satunya di Kota Sukabumi.

    Head of Regional JNE Jawa Barat, Murah Lestari mengatakan, JNE menaruh perhatian lebih dalam melalui gelaran webinar secara virtual seputar digitalisasi bisnis sebagai wujud dukungan terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kota Sukabumi. Tujuannya, agar menjadi inspirasi serta wadah bagi para pelaku usaha untuk belajar mengembangkan usahanya di masa pandemi.

    “Munculnya wabah Covid-19, banyak tantangan yang harus dihadapi para pelaku UKM. Salah satu tantangan yang harus dihadapi yakni adaptasi teknologi. Termasuk UKM di Kota Sukabumi yang harus mampu go digital dan scale-up seiring dengan perkembangan teknologi masa kini agar bisa terus tumbuh dan mempertahankan bisnisnya di situasi yang penuh akan ketidakpastian,” kata Murah Lestari pada acara webinar virtual ‘Goll…Aborasi Bisnis Online Kota Sukabumi’, Kamis (1/4/2021)

    “JNE senantiasa bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk dapat memberikan dukungan serta solusi bagi para UKM seputar digital marketing terutama saat masa pandemi,” Kepala Cabang JNE Sukabumi, Tri Hery S menambahkan.

    BACA JUGA: Kejuaraan Panahan Piala Gubernur Jawa Barat 2021; Fathir Raih Emas Perdana Kota Bandung

    CEO CV. Kingsalman Media Indonesia, Salman Alfarisi mengatakan, terdapat dua kunci sukses dalam mengembangkan bisnis. Yakni menaruh fokus pada produk yang dijual dan melebarkan jaringan.

    Usai dua hal tersebut terpenuhi, lanjut dia, pelaku usaha dapat melanjutkan strateginya dengan terjun ke ranah digital dalam mempromosikan produknya sehingga jangkauan konsumen yang lebih luas.

    “Mulailah membangun usaha yang fokus menjual produk yang bisa memberikan value pada konsumen. Kingsalman senantiasa berprinsip menawarkan produk yang memiliki nilai tersendiri kepada para konsumen yang tentu tidak akan bisa didapatkan dari toko lainnya. Setelah berhasil mengeluarkan produk, mulailah belajar untuk mengiklankan produk dengan cara yang sederhana dan dengan modal yang rendah terlebih dahulu. Setelah itu, kita bisa juga berkolaborasi dengan para komunitas di Kota Sukabumi untuk mengembangkan jaringan,” Salman menuturkan.

    Founder Scissors Co., A. J. Irawanda menambahkan, fokus terhadap produk dan berkolaborasi merupakan dua kunci strategi bisnis untuk mencapai sebuah kesuksesan. Penting bagi para pelaku usaha, baik yang baru ingin maupun sedang merintis, jangan menyerah dan selalu tetap fokus dengan target market.

    “Jangan lupa juga menunjukkan unique selling point dari produk kepada para calon konsumen. Dengan memiliki ciri khas dari produk sendiri, Scissors Co., selalu melakukan kolaborasi dengan atlet olahraga atau pemain band agar segmentasi menjadi lebih luas. Salah satu teknik lainnya yang bisa dilakukan yaitu mendekati komunitas yang nantinya bisa bekerjasama dengan kita untuk mengembangkan bisnis,” Irawanda menegaskan.

    Kegiatan JNE Ngajak Online merupakan event tahunan JNE untuk membantu pelaku UKM beradaptasi dengan perubahan teknologi. Pada tahun 2021, event dilakukan secara online dengan tema ‘Goll…Aborasi Bisnis Online 2021’ dan digelar di 59 kota di seluruh Indonesia.

    Kota Sukabumi menjadi kota ke-14 gelaran webinar dan diadakan tepat di hari ulang tahun kota Sukabumi ke-107. Setelah Kota Sukabumi, gelaran roadshow ini akan kembali digelar di kota Malang pada 5 April 2021.

    JNE Ngajak Online 2021 dimulai pada 26 Januari 2021 di Samarinda dan akan berakhir pada 29 Desember 2021 di Ternate.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img