Selasa 2 Maret 2021

Satgas Kang Pisman untuk Kota Bandung Bebas Sampah

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bertepatan dengan puncak Hari Peringatan Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung membentuk Satgas Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan (Kang Pisman). 

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan bahwa Satgas Kang Pisman akan berupaya mensosialisasikan dan mengedukasi warga Kota Bandung terkait penanggulangan sampah.

“Pemerintah tidak boleh berhenti mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat serta memotivasi mereka agar ngeh  dengan Kang Pisman,” kata Oded di Bandung, Jabar, Senin (22/2/2021).

Selain sosialisasi dan edukasi, Satgas Kang Pisman pun akan melihat perkembangan gerakang Kang Pisman di lapangan demi menjadikan Kota Bandung zero waste (bebas sampah).

BACA JUGA: Satgas Covid-19 Kota Bandung Bakal Menindak Tegas Kafe dan Hiburan Malam yang Bandel

Hal itu penting menyusul volume sampah yang dihasilkan Kota Bandung yang terus meningkat setiap tahunnya. Gerakan Kang Pisman ini, kata Oded, mampu meminimalisasi sampah setiap harinya. 

“Saya harap gerakan ini bisa terus menekan volume sampah yang dihasilkan Kota Bandung,” kata Oded.

Oded pun terus mengajak masyarakat untuk mulai mengolah sampah dari rumah. Terlebih pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, artinya, masyarakat memiliki peran besar dalam penyelesaian persoalan sampah ini.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kota Bandung Kamalia Purbani mengatakan, kehadiran Satgas Kang Pisman akan menjadi penggerak utama yang mampu menyinergikan seluruh potensi, baik secara formal maupun informal. 

“Saat ini Kang Pisman tidak lagi bersifat sektoral, tetapi meliputi semua aspek, lintas bidang menyusul Satgas Kang Pisman dibentuk berdasarkan Keputusan Wali Kota tentang Satgas Kang Pisman,” kata Kamalia.

(Yusuf Mugni/LIN)

Artikel Lainnya

Satgas Kang Pisman untuk Kota Bandung Bebas Sampah 1