spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Mengenal Marie Thomas, Dokter Wanita Pertama di Indonesia yang dijadikan Google doodle

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Marie Thomas, seorang dokter perempuan pertama di Indonesia tampil pada Google Doodle hari ini, Rabu (17/2/2021).

    Marie yang adalah perempuan Indonesia yang lahir pada 17 Februari 1896 di desa Likupang, Sulawesi Utara, ia mengukir sejarah dalam bidang spesialis wanita pertama di ginekologi dan kebidanan.

    (foto web)

    Di tahun 1912, dr Marie Thomas diterima di STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artse). Sebelum dirinya mendaftar, institusi tersebut dikhususkan untuk laki-laki. dr Marie juga sempat bekerja di salah satu rumah sakit terbesar di Batavia, Jakarta.

    Tak lama dari situ, ia kemudian melanjutkan kariernya yang luar biasa sebagai salah satu dokter pertama yang memperkenalkan metode kontrasepsi baru. Seperti IUD (intra uterine device), kepada wanita di seluruh nusantara.

    BACA JUGA: Heboh! Nissa Sabyan Disebut Pelakor Keybordist Band

    Wanita ini juga dikenal sangat dermawan, ia bahkan sering menggratiskan biaya beberapa pasien yang tak mampu membayar perawatan. Ia tampak sangat jatuh cinta dengan profesi yang ditekuninya, ia juga mendirikan sekolah kebidanan, pertama di Sumatera.

    “Selamat ulang tahun, Dr Marie Thomas. Terima kasih atas dedikasi tanpa pamrih Anda untuk kehidupan orang lain yang telah membuka jalan bagi perempuan di Indonesia untuk mengejar kedokteran dan pendidikan tinggi,” demikian ucapan yang tertera di balik perayaan Google Doodle.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img