Selasa 26 Januari 2021

5 Tips Rahasia Kinemaster untuk Pemula

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Kinemaster merupakan aplikasi editing video populer saat ini. Perdana rilis pada tanggal 26 Desember 2013, Kinemaster sukses menjadi pelopor editing video dan sangat digandrungi oleh pengguna smartphone.

Kinemaster sendiri dikembangkan oleh perusahaan besar Korea yaitu Nex Streaming yang Sekarang menjadi Kinemaster Corp yang sekarang sudah memiliki banyak cabang di seluruh dunia.

Memiliki interface yang menarik dan mudah digunakan menjadi alasan utama para pengguna banyak mengunduh, selain itu tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan antara VIP dan versi biasa perbedaannya hanya terletak pada watermark, apabila pengguna menggunakan versi biasa maka video yang dihasilkan akan dibubuhi watermark, sedangkan untuk versi VIP tidak akan tampil watermark.

Baca Juga: 5 Aplikasi Editing Video Terbaik Untuk Pengguna Smartphone

Namun jarang yang banyak mengetahui tips-tips rahasia seputar aplikasi ini. Tips ini sangat berguna untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi tersebut pada smartphone, Berikut ini 5 tips rahasia yang wajib diketahui oleh setiap pengguna.

5 Tips Rahasia Kinemaster:

1. Sinkronisasi Kinemaster

Kinemaster Sinkron fokusjabar.id
Sinkronisasi (Fokusjabar.id)

Mensinkronkan aplikasi Kinemaster dengan spek hp pengguna, pertama kali menginstal aplikasi di smartphone, biasanya aplikasi tersebut belum mendeteksi kemampuan dari smartphone pengguna, hal tersebut berpengaruh terhadap pengeksporan Video yang hanya bisa diekspor dengan resolusi maksimal 1080p atau hanya 720p, sedangkan resolusi pada ponsel terlebih ponse-ponsel keluaran terbaru mempunyai resolusi lebih dari itu.

Berikut ini solusinya, pertama pengguna bisa masuk ke menu pengaturan pada aplikasi, lalu pilih informasi kemampuan perangkat, disitu akan tertera spesifikasi dan detail kemampuan ponsel pengguna dalam menjalankan aplikasi.

Untuk mengoptimalkannya pengguna bisa klik menu tombol tiga yang ada di kanan atas, lalu pilih jalankan analisa setelah itu aplikasi akan berusaha mencocokan kemampuan maksimal dari smartphone pengguna.

2. Full screen media browser

Kinemaster Full Browser
Fullbrowser (web)

Apabila pengguna membuka media browser biasanya tampilannya akan terpotong, pada tampilan browser bagian atas biasanya adalah media browser atau file pengguna, sedangkan dibagian bawah adalah timeline.

Apabila pengguna merasa terganggu dengan tampilan timeline tersebut bisa melakukan cara ini; buka pengaturan pada aplikasi, scrool kebawah lalu klik ‘enable’ pada modus layar peramban media dan modus layar penuh peramban audio.

Baca Juga: Moza Mini S Gimbal Di Bawah 1 Jutaan

Jika pengguna sudah mengklik enable maka tampilan pada media browser akan berubah menjadi fullscreen dan tentunya akan memudahkan dalam mencari file, terlebih jika file yang dicari cukup banyak.

3. Export Video 60fps

Kinemaster Ekspor File menjadi 60fps (Web) fokusjabar.id
Ekspor File menjadi 60fps (Web)

Biasanya jika mengekspor Video pada aplikasi ini hanya mencapai 30fps saja, akan tetapi pengguna dapat mengoptimalkannya hingga mencapai 60fps.

Caranya yaitu pengguna bisa buka pengaturan pada aplikasi, setelah itu skrol ke bawah lalu klik pengaturan canggih dan eksperimental, Lalu klik ‘enable’ pada menu allow export frame rates higher than 30fps. Jika pengguna sudah melakukan hal tersebut maka dapat menghasilakan video mencapai 60fps.

4. Layer lapisan tak terbatas

Kine Mater 4 fokusjabar.id
Mengaktifkan Layer tak terbatas (Web)

jApabila pengguna menambahkan video yang akan diedit pada aplikasi ini biasanya hanya 4 video yang bisa ditambahkan lalu jika melebihi dari angka tersebut, akan muncul garis garis dan video nya tidak dapat diputar.

Untuk menambahkan video melebihi angkat diatas pengguna bisa membuka pengaturan pada Kinemaster, setelah itu pilih Pengaturan canggih dan eksperimental, lalu klik enable pada mode lapisan video tak terbatas.

Namun pemakaian fitur ini harap berhati-hati apabila spek handphone tidak memadai lebih baik untuk tidak mengaktifkannya.

5. Menghubungi pihak Pengembang

Kinemaster fokusjabar.id
Hubungi pihak pengembang (Web)

Fitur tersebut sudah tersedia di aplikasi Kinemaster, tentunya sangat berguna untuk menanyakan seputar aplikasi Kinemaster.

Untuk menghubungi pihak Kinemaster klik ikon tanda tanya pada halaman awal Kinemaster, lalu pilih dukungan email, setelah itu pengguna bisa mengajukan kategori pertanyaan yang akan diajukan.

Selanjutnya pengguna akan diarahkan pada Gmail untuk mengirimkan pertanyaan, lalu tunggu sampai pihak Kinemaster membalas pertanyaan.

Itulah 5 trik rahasia untuk pemula seputar aplikasi Kinemaster yang mungkin belum diketahui oleh pengguna. Hayoo, boleh dicoba tips tips nya. Mudah mudahan bisa bermanfaat dan berguna bagi pengguna.

(Fauzan/Erwin)

Artikel Lainnya

5 Tips Rahasia Kinemaster untuk Pemula 1
5 Tips Rahasia Kinemaster untuk Pemula 2