spot_img
Minggu 21 April 2024
spot_img
More

    5 Aplikasi Editing Video Terbaik Untuk Pengguna Smartphone

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Mau jago editing video ala youtuber? Di android dan iPhone sudah tersedia banyak aplikasi editing Video yang bisa didownload secara gratis di Play store atau App store baik aplikasi berbayar atau gratis.

    Di masa pandemi seperti ini kita diharuskan berdiam diri di rumah dan tentunya sangat membosankan terutama bagi kalangan milenial, namun banyak sekali generasi milenial memanfaatkan hal tersebut mengisinya dengan hal yang positif salah satunya yaitu dengan membuat video.

    Baca Juga: Perhatikan Hal ini Sebelum Beli “headphone”

    Pembuatan sebuah video tentunya membutuhkan aplikasi editing video. Aplikasi editing video sangat wajib dimiliki oleh setiap pengguna smartphone terutama jika video tersebut akan diposting ke publik atau sebagai konten, tentunya hasil video yang diupload tidak mau terlihat buruk dan pastinya mengharapkan hasil yang bagus dan dapat dinikmati oleh semua orang.

    Berikut 5 Aplikasi Editing Video terbaik bagi pengguna smartphone.

    1. Adobe Premiere Rush

    editing vidio premiere rush fokusjabar.id
    Ilustrasi : Web

    Adobe Premiere Rush pertama kali diluncurkan pada bulan Oktober 2018, jadi bisa dibilang ini adalah pengganti dari aplikasi terdahulunya yaitu Adobe Premiere Clip, dari segi interface tidak ada perbedaan yang terlalu jauh, aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi editor yang baru belajar editing video karna tampilannya sangat simpel, pengguna akan diarahkan mulai dari memilih klip video, mengatur durasi, menyusun video, menambahkan efek seperti transisi dan tulisan, bahkan bisa mengatur warna pada video yang akan diedit.

    Aplikasi ini tidak gratis jadi untuk pertama kali menggunakan aplikasi ini akan diberikan tiga kali kesempatan gratis untuk menyimpan hasil editing video, selanjutnya bisa mengupgrade aplikasi ke versi premium seharga Rp. 139 ribu untuk biaya berlangganan perbulan, biaya tersebut sudah termasuk untuk biaya berlangganan Adobe premiere rush versi PC, tetapi jika sudah berlangganan dengan Adobe premiere CC maka tidak perlu berlangganan kembali karena sudah otomatis termasuk dengan Adobe premiere rush ini.

    2. Viva Video

    editing video viva video fokusjabar.id
    Ilustrasi: Web

    Hampir semua pengguna smartphone terdahulu mungkin mengenal aplikasi Viva Video pasalnya Viva Video merupakan aplikasi editing video pertama yang muncul untuk pengguna smartphone, waktu awal booming handphone android hampir setiap video yang diedit memiliki watermark yang bertuliskan ‘made with Viva video’.

    Untuk interface nya sendiri hampir sama dengan Adobe premiere rush pengguna akan diarahkan mulai dari memilih klip video, menyusun video, sampai menambahkan efek namun bedanya efek filter yang ditawarkan lebih banyak dan disesuaikan dengan kebutuhan.

    Aplikasi ini juga menawarkan berbagai template video mulai dari tema ulang tahun, pernikahan dan tema lainnya yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk menghilangkan watermark dan menikmati fitur yang lebih lengkap pengguna bisa berlangganan versi VIP seharga Rp 27 ribu untuk biaya berlangganan perbulan atau Rp 180 ribu untuk berlangganan selama satu tahun.

    Baca Juga: Agar Video Tidak Take Down, Konten Kreator Wajib Tahu Ini

    3. Filmorago

    editing video filmorago fokusjabar.id
    Ilustrasi: Web

    Dibandingkan dengan aplikasi sebelumnya Filmorago memiliki tampilan aplikasi landscape yang lebih nyaman dipakai untuk keperluan editing video, terdapat beberapa fitur yang bisa dinikmati pada aplikasi ini yaitu tersedia beberapa pilihan tema yang bisa disesuaikan dengan video selanjutnya pengguna juga bisa menambahkan musik, transisi, filter, elemen, judul, bahkan mengatur koreksi warna pada video.

    Jika menggunakan aplikasi ini secara gratis maka di akhir video akan muncul tulisan Filmorago, nah untuk menghilangkannya cukup mengupgrade Filmorago ke versi premium seharga Rp 50 ribu.

    4. Powerdirector

    editing video powerdirector fokusjabar.id
    Ilustrasi: Web

    Jika sudah terbiasa editing video di PC maka tidak akan asing lagi dengan tampilan/interface pada aplikasi ini pasalnya area kerja pada Powerdirector hampir sama dengan area kerja software editing video yang ada di PC, di dalam aplikasi Powerdirector terdapat timeline yang memiliki lapisan seperti preview video dibagian atas dan adanya menu atau tools yang bisa pengguna pakai.

    Sekilas hampir mirip dengan editing video yang ada di PC untuk pengoperasiannya sendiri terbilang gampang dan hampir sama dengan aplikasi editing video yang sebelumnya. Pertama bisa memilih Video yang akan diedit, setelah itu disusun dan selanjutnya tinggal tambahkan filter atau efek transisi pada video, bedanya di aplikasi ini bisa menambahkan layar lapisan video bahkan pengguna juga bisa menggunakan fitur chorma key untuk video green screen, aplikasi Powerdirector sangat direkomendasikan bagi pengguna yang ingin mendalami lebih lanjut tentang editing video.

    Untuk menghilangkan watermark dan menikmati fitur lainnya pengguna bisa berlangganan versi Premium seharga Rp 429  ribu untuk satu tahun atau Rp 149 ribu untuk berlangganan selama 3 bulan.

    5. Kinemaster

    editing video kinemaster fokusjabar.id
    Ilustrasi: Web

    Dari sekian banyak aplikasi editing video di play store atau app store Kinemaster dinilai cukup memiliki fitur lengkap dan sesuai dengan kebutuhan pengguna, tampilan aplikasi ini mirip seperti software editing video yang ada di PC dimana terdapat timeline, preview Video, menu tampilan dan area kerja pada Kinemaster lebih nyaman dan gampang untuk digunakan.

    Fitur dari aplikasi ini dinilai cukup lengkap mulai dari transisi, filter video, chorma key, efek video, animasi, bahkan pengguna juga bisa mengedit suara. Kinemaster juga punya toko aset yang selalu update dimana di toko aset tersebut bisa mendownload aset Kinemaster seperti efek, transisi, klip animasi, font bahkan musik. Jadi bagi pengguna yang hendak lebih serius dalam editing video dan ingin menjadi video editor profesional aplikasi ini sangat direkomendasikan sebagai referensi aplikasi editing video.

    Baca Juga: 17 Cara Diet Alami Tanpa Obat

    Untuk menghilangkan watermark dan menikmati fitur lainnya bisa berlangganan versi premium dari Kinemaster seharga Rp 75 ribu untuk satu bulan atau Rp 469 ribu untuk berlangganan selama satu tahun.

    Itulah 5 aplikasi editing video terbaik bagi pengguna smartphone dari mulai penggunaan secara Basic atau Pemula sampai penggunaan secara Pro.

    (Fauzan/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img