spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Satu Dekade Angklung Mendunia Digelar di 10 TV Lokal

    BANDUG,FOKUSJabar.id: Peringati satu dekade ditetapkannya angklung menjadi Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar menggelar acara bertajuk ‘Satu Dekade Angklung Mendunia’.

    Kegiatan yang digelar secara virtual itu akan disiarkan di beberapa statsiun terlevisi lokal serta kanal Youtube Disparbud Jabar dan Humas pada 28 & 29 November 2020.

    Kadisparbud Jabar Dedi Taufik mengatakan, selain acara satu dekade angklung mendunia itu sekaligus sebagai perayaan sebuah kebanggaan atas pengakuan dunia terhadap karya budaya Jabar.

    BACA JUGA: Angklung & Celempung Sambut Gubernur Kim di Gunung Tangkuban Parahu

    “Ini menjadi momentum kita semua agar lebih meningkatkan berbagai giat pelindungan karya-karya budaya lainnya,” kata Dedi di Bandung, Jumat (27/11/2020).

    Meski digelar di tengah keterbatasan karena pandemi, pihaknya berterimakasih kepada Gubernur Jabar, para bupati wali kota se Jabar dan para pegiat budaya, media massa dan seluruh pihak yang mendukung penyelenggaraan ini.

    Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Emil) mengatakan bahwa meski sudah satu dekade angklung menjadi warisan budaya dunia, namun angklung telah menjadi bagian dari masyarakat Jabar jauh sebelumnya.

    “Angklung tidak hanya sebagai alat musik, lebih dari itu memiliki filosofis mendalam bagi masyarakat Jabar,” kata Emil.

    Permainan angklung pun mengajarkan sebuah pemahaman nilai dan sikap budaya masyarakat Jabar yang saling menghormati, menghargai dan mampu menjalankan perannya masing-masing, sehingga menghasilkan kekuatan budaya.

    “Permainan angklung mengajarkan pula kerendahan hati dan sikap toleransi untuk menghasilkan sebuah harmoni,” kata dia.

    Sementara itu, Kabid Kebudayaan Febiyani mengatakan, ditetapkannya sebuah karya budaya menjadi Warisan Budaya takbenda (WBTB) merupakan hasil dari sebuah proses panjang upaya pelindungan objek pemajuan kebudayaan.

    Indonesia khususnya Jabar memiliki tingkat keragaman budaya yang tinggi yang menjadikannya sebagai pusat kekayaan khasanah budaya dunia.

    Untuk diketahui, tahun 2020, Provinsi Jawa Barat telah menetapkan 32 karya budaya menjadi WBTB Prov Jabar dan 11 di antaranya telah ditetapkan menjadi WBTB Indonesia melalui sidang penetapan WBTB Indonesia pada tanggal 8-9 Oktober 2020 lalu.

    Sampai dengan tahun 2020, 65 karya budaya Jawa Barat telah ditetapkan menjadi WBTB Indonesia dan tiga diantaranya telah diakui sebagai warisan budaya dunia.

    Pada acaranya nanti, Satu dekade angklung mendunia akan menampilkan Meli LIDA, Saung Angklung Udjo, Manshur Angklung, Prodi Musik Bambu ISBI bandung, Angklung Kabumi-UPI, KPA SMAN 3 Bandung, Savra Panca, Angklung Tokodai Jepang, Angklung Hamburg Jerman hingga angklung tradisi kampung adat Ciptagelar, Kabupaten Sukabumi.

    Berikut Kanal Siaran ‘Satu Dekade Angklung Medunia 28 November 2020 pukul 20.00 WIB-21.00 WIB:

    • YouTube Disparbud Jabar, Humas Jabar dan Budaya Jabar
    • Inspira TV
    • Sukabumi TV
    • Cipta TV
    • Radar Tasikmalaya TV
    • MGS TV Bogor
    • Badar TV

    Sedangkan, tanggal 29 November 2020 dapat disaksikan di TVRI Jawa Barat (14.30-15.30 WIB), Cianjur TV (17.00-18.00 WIB), Radar Cirebon TV (19.00-20.00 WIB), dan Sumedang TV (20.00-21.00 WIB).

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img