Rabu 2 Desember 2020

Bedah Teknologi Samsung Soundbar HW-Q950 dan Inovasi Audionya

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Samsung Soundbar HW-Q950 banyak mendapat opini positif dari penggunanya terkait audio dinamis dan imersif yang dihasilkan. berikut kami akan membedah teknologi di balik inovasi soundbar dari Samsung tersebut.

AV Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Liem Kwok Cek mengatakan, Samsung Soundbar HW-Q950T dibekali True Dolby Atmos 9.1.4 yang mampu menembakan suara ke berbagai sudut ruangan.

dok. Samsung

“Untuk pengalaman home entertainment yang kian sempurna dan menyeluruh, suara terbaik untuk mengimbangi tontonan favorit di TV, Samsung menghadirkan Samsung Soundbar HW-Q950T. Memiliki True Dolby Atmos 9.1.4 dengan speaker yang menembakkan suara ke berbagai sudut, menjadikan audio bagaikan mengalir mengelilingi pengguna,” kata Liem, Minggu (18/10/2020).

Kemudian, ada teknolologi audio multi-dimensi yakni Dolby Atmosdan DTS:X dan Q-Symphony yang mampu mengaktifakan surround sound dari TV Speaker dan Soundbar Speaker secara bersamaan, sehingga menciptakan sinergi audio yang luar biasa.

BACA JUGA: Cegah Pelecehan, PS5 Bisa Rekam Suara

“ditambah dukungan teknologi audio multi-dimensi Dolby Atmosdan DTS:X. Kemampuan teknologi Q-Symphony dalam mengaktifkan dan memutar surround sound dari TV Speaker dan Soundbar Speaker bersamaan, menciptakan sinergi audio yang luarbiasa dengan TV yang kompatibel. Kombinasi visual TV dan audio Samsung Soundbar HW-Q950T ini akan membuat setiap adegan terasa nyata, hadirkan pengalaman menikmati konten yang seru, menghibur seluruh anggota keluarga,” kata dia.

Selain memegang posisi pertama di pasar TV global selama empat belas tahun berturut-turut, Samsung Electronics juga mempertahankan posisi nomor satu dalam hal pangsa pasar untuk soundbar.

Fitur unggulan Samsung Soundbar HW-Q950T dan teknologinya 

Harmoni Sempurna Fondasi Q Symphony

dok. Samsung

Samsung Soundbar HW-Q950T kini dibekali fitur ‘Q Symphony’ yang memungkinkan pemutaran soundbar dan televisi yang dipasangkan dengannya secara bersamaan.

Berkat kemampuannya menghasilkan surround sound yang kaya dan imersif dari speaker TV dan soundbar,, Q-Symphony meraih penghargaan ‘Best of Innovation’ di CES 2020.

Inovasi Q-Symphony berawal dari ide untuk menghadirkan surround sound yang lebih berkualitas dengan memanfaatkan speaker atasTV yang dikombinasikan dengan soundbar. Untuk mewujudkan solusi hybrid ini, suara dari speaker TV dan soundbar harus disinkronkan dalam hal waktu dan volume.

Sebelumnya, menggunakan speaker TV konvensional dan soundbar secara bersamaan dapat menyebabkan pemutaran audio tidak sinkron dengan adegan yang berjalan di layar, yang berarti speaker TV harus dimatikan suaranya saat menggunakan soundbar.

Namun, Samsung QLED TV 2020 dilengkapi dengan speaker atas, memungkinkan penggunaan speaker TV dan soundbar secara bersamaan.

Tak hanya itu, dalam teknologi terbaru ini, peran masing-masing speaker TV dan soundbar telah dibedakan dengan jelas untuk memungkinkan harmonisasi suara yang lebih baik.

Sementara soundbar menyajikan suara utama seperti suara manusia, speaker atas menghadirkan efek suara latar. Dengan cara ini, kedua perangkat menghindari interferensi satu sama lain, dan memberikan pengalaman suara yang lebih megah.

Sembilan Channel dengan Hanya Empat Speaker

dok. Samsung

Spesifikasi audio tertinggi saatini untuk sistem home theater adalah pengaturan 9.1.4 channel, yang biasanya membutuhkan total sebanyak 14 speaker. Namun, Samsung Soundbar HW-Q950T mampu mewujudkan spesifikasi channel yang luar biasa ini hanya dengan empat speaker.

Menyusul berkembangnya pasar home theater padatahun 1990-an, pengguna diberi kesempatan untuk merasakan surround sound yang tidak hanya mencakup sisi kiri dan kanan, tetapi juga bagian depan dan belakang. Lebih jauh lagi, pengenalan teknologi Dolby ATMOS tahun 2014 memungkinkan surround sound 3D yang mencakup suara dari atas dan bawah juga.

Pengembangan surround sound premium dari Samsung mengalami proses yang cukup panjang. Pada tahun 2016, Samsung merilis HW-K950, soundbar yang hanya membutuhkan empat speaker untuk menghasilkan surround sound pada 5.1.4 channel. Samsung tidak berhenti di situ, malah memperkenalkan HW-Q90R, soundbar 7.1.4 channel yang memiliki surround channel di belakang. Tahun ini, Samsung melangkah lebih maju dengan memperkenalkan HW-Q950T, sebuahsoundbar 9.1.4 channel yang dilengkapi dengan dua wide channel tambahan.

Suara Dinamis dari Berbagai Sudut

dok. Samsung

Soundbar HW-Q950T memiliki dua wide channel yang menghantarkan suara pada sudut 60° pada kedua sisi bagian tengah.

Untuk menghasilkan suara yang lebih lengkap, speaker di ujung kanan dan kiri, yang menyediakan surround sound, telah dipindahkan ke tepi soundbar. Selain itu, dua speaker tambahan yang diorientasikan pada sudut yang dioptimalkan untuk fungsionalitas wide channel telah digabungkan di posisi paling kiridankanan.

Dengan adanya fungsionalitas wide channel, pengguna bisa menikmati suara yang dipancarkan dari berbagai sudut yang berbeda dan merasakan pengalaman audio yang lebih lengkap. Efek ini juga memberikan rasa realisme yang lebih luas, dan, dengan menambahkan vitalitas pada gerakan di layar, menjamin pengalaman yang lebih nyata saat menonton konten seperti konser, pertunjukan musik, dan film.

(Agung)

 

 

 

 

 

Artikel Lainnya

Paslon Bupati Pangandaran “Juara” Yakin Unggul dengan 70 Persen Suara

PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran nomor...

Penebangan Pohon Keramat Bikin Warga Sadewata Geram

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pohon keramat di Dusun Babakan, Desa Sadewata, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, ditebang tanpa alasan jelas. Hal tersebut membuat warga Sadewata geram. Ketua Karang Taruna...

Pemkab Kuningan Larang SPBU Baru Jual Premium

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemkab Kuningan melarang beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium. Hal itu dilakukan dalam rangka mendukung...

Ruang Isolasi 27 RS Di Kota Bandung Penuh, Pemkot: Cari Tambahan Tempat Tidur

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengupayakan tambahan ruang isolasi terkait penuhnya kapasitas ruang isolasi Covid-19 di 27 Rumah Sakit di Kota Bandung, Senin (30/11/2020). "Barusan,...

Masuk Zona Merah, Pemkot Bandung Lakukan Langkah Strategis

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan bahwa, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah memperbaharui hasil level kewaspadaan di Jawa Barat (Jabar). Hasilnya, Kota...

Emil: Tokoh Publik Terpapar Covid-19 Umumkan Secara Resmi

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Emil) mengatakan, memang sebaiknya semua pemimpin komunitas atau tokoh publik yang terpapar Covid-19 mengumukan secara resmi kondisi kesehatannya. Hal tersebut...

Komisi D DPRD Ciamis Desak Pemkab Tegas Terapkan Prokes

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Komisi D DPRD Ciamis meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis memberikan tindakan tegas kepada warga yang melanggar protokol kesehatan (prokes). Ketua Komisi D DPRD Ciamis...