spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    Ini Spesifikasi Shimano EP8, Penggerak Motor Listrik untuk Sepeda Gunung

    JEPANG,FOKUSJabar.id: Penggemar sepeda gunung kini tak lagi harus susah payah mengayuh pedal untuk menaiki jalur perbukitan. Hal ini seiring dengan hadirnya perangkat motor listrik untuk sepeda gunung yang dirilis perusahaan komponen sepeda asal Jepang, Shimano.

    Perangkat motor listrik bernama Shimano EP8 ini mampu memberikan dorongan atau torsi hingga 85 Nm (Newton-meters). Meningkat 21 persen dalam mode Trail dan Boost, dibandingkan sistem penggerak Shimano sebelumnya, STEPS E8000.

    fokusjabar.id sepeda shimano EP8
    Shimano EP8. (FOTO: WEB)

    Jika torsi 85 Nm dianggap terlalu besar, pengendara bisa mengaturnya melalui aplikasi E-Tube Shimano. Dengan demikian, torsi bisa dikendalikan menjadi 20 hingga 85 Nm.

    Komponen Shimano EP8 juga diperbarui dengan desain roda gigi baru. Pembaruan ini dilakukan guna mengurangi hambatan hingga 36 persen.

    Bobot yang ditawarkan Shimano EP8 pun lebih ringan 300 gram dibanding model sebelumnya. Juga lebih mungil 10 persen.

    Kelebihan lainnya, perusahaan komponen asal Jepang ini pun mengurangi kebisingan suara motor listrik di Shimano EP8.

    fokusjabar.id sepeda shimano EP8
    Penggerak motor listrik keluaran Shimano, STEPS E8000 dan EP8. (FOTO: WEB)

    BACA JUGA: Jadi Ketua FORKI Kota Bandung 2020-2024, Agung: Siap Jeng Gelutna

    Dengan bobot lebih ringan, lebih mungil, ditambah dengan suara yang lebih halus, akan memberi kesan jika pengendara seolah-olah tidak menaiki sepeda listrik. Melainkan sepeda tradisional. Tak hanya itu, kapasitas baterai Shimano EP8 pun lebih besar dibanding penggerak motor lainnya.

    Di pasar Eropa, motor penggerak listrik keluaran terbaru Shimano ini akan bersaing dengan Bosch. Rencananya, Shimano EP8 ini akan diumumkan pada akhir tahun ini sehingga harganya pun belum diketahui.

    (Ageng/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img