Minggu 27 September 2020

Facebook Tampilkan Peringatan Sebelum Posting Artikel Covid-19

AMERIKASERIKAT,FOKUSJabar.id: Facebook hadirkan upaya terbaru membantu memerangi potensi penyebaran miss-informasi Covid-19 dengan menampilkan pemberitahuan pada layar sebelum artikel dibagikan.

“Tujuannya untuk membantu orang memahami kemutakhiran dan sumber konten sebelum mereka membagikannya,” kata Facebook, Kamis (13/8/2020).

Penambahan fitur tersebut pun mengarahkan setiap orang ke Pusat Informasi Covid-19 dan memastikan mereka memiliki akses ke informasi yang kredibel tentang Covid-19 dari otoritas kesehatan global.

Pemberitahuan tersebut merupakan pembaruan dari fitur yang sudah ada sebelumnya yang diluncurkan pada Juni. Fitur sebelumnya ditujukan membantu mengurangi penyebaran tautan lama yang biasanya muncul kembali dan dapat menyesatkan peristiwa terkini.

BACA JUGA: Google Sulap Ponsel Android jadi Pendeteksi Gempa

Layar pemberitahuan merupakan bagian dari serangkaian tindakan yang telah diterapkan sejak Maret. Hal ini sebagai upaya mencoba mencegah platformnya menjadi saluran bagi teori konspirasi terkait virus corona atau bentuk miss-informasi lainnya.

Pada awal pandemi, Facebook mulai menempatkan informasi terkait virus corona dari otoritas kesehatan dan medis pada bagian News Feed. Selain itu, membuat pusat informasi mengenai Covid-19.

Namun Facebook harus mengambil tindakan yang lebih aktif untuk memerangi penyebaran miss-informasi dan teori konspirasi yang bergerak cepat dalam beberapa bulan sejak itu. Termasuk menghapus kelompok anti-masker.

Sebagai bagian dari fitur pemberitahuan tersebut, Facebook mengatakan akan mengecualikan sumber informasi yang kredibel.

“Sejalan dengan itu, kami ingin memastikan jika kami tidak memperlambat penyebaran informasi dari otoritas kesehatan yang kredibel. Jadi konten yang diposting otoritas kesehatan pemerintah dan organisasi kesehatan global yang diakui, seperti Organisasi Kesehatan Dunia, tidak akan menerima pemberitahuan ini,” kata Facebook.

(Ageng/ANT)

Artikel Lainnya

Harga dan Spesifikasi Realme Narzo 20A, Narzo 20, dan Narzo 20 Pro

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Realme mengumumkan ponsel terbaru seri Narzo yang terdiri...

Pembelajaran Tatap Muka Dimulai Bupati Pangandaran “Deg-degan”

PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Pembelajaran tatap muka dimulai untuk sejumlah sekolah di Kabupaten Pangandaran, Jabar. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.  Guru kelas II SD...

Ini Kondisi Henhen Jelang Kick Off Liga 1 2020

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pemain belakang Persib Bandung, Henhen Herdiana mengatakan kondisinya mengalami peningkatan dari fisik hingga mental bertanding menjelang kick off lanjutan kompetisi Liga 1...

KPU Pangandaran Tetapkan 2 Paslon Bupati-Wakil Bupati

PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran, Jabar menetapkan dua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati-Wakil Bupati jadi Pasangan Calon (Paslon) Pilkada yang akan dihelat...

PBNU: Pilkada Bisa Ditunda, tapi Keselamatan Nyawa Tidak

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj mengatakan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 bisa ditunda ditengah pandemi, Rabu (23/9/2020). Tetapi, keselamatan rakyat...

Pemkot Relaksasi Kegiatan Olahraga, Laga Persib Diizinkan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung resmi merelaksasi kegiatan olahraga pertandingan sepakbola di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang diperketat. Hal ini seiring dengan akan...

Pegawai BRI Gelapkan Tabungan Nasabah Hingga Rp2,1 M untuk Judi Bola

MADIUN,FOKUSJabar.id: Tabungan 11 nasabah BRI cabang Dolopo, Madiun, Jatim, dikuras oknum pegawai berninisial RS. Total uang sebesar Rp2,1 milyar berhasil dikumpulkan RS dan digunakan...