spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Ini Dia 5 Hal tentang Masker Anak yang Perlu Diketahui Orang Tua

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Mengenakan masker menjadi salah satu cara untuk menghalau Pandemi Covid-19. Namun, bagaimana semestinya penggunaan masker anak?

    Ahli penyakit menular anak, Mark Sawyer menyatakan Memberikan pemahaman tentang penggunaan masker pada anak adalah hal penting yang perlu dilakukan orang tua.

    “Sama seperti orang dewasa, menggunakan masker kain pada anak dapat membantu mencegah penularan,” ujar Sawyer, deperti dilansir CNN, Senin (13/04/2020).

    Baca Juga: Covid-19, APPSI Garut Minta Pengadaan Sembako dari Pasar Tradisional

    Sawyer mengatakan, masker memang tidak memberikan perlindungan terbaik untuk Anda dan si buah hati. Namun, masker nonmedis akan berguna jika digunakan dengan benar.

    Berikut beberapa hal yang perlu diketahui orang tua soal penggunaan masker anak:

    1. Belum ada pedoman resmi penggunaan masker anak

    Hingga saat ini, belum ada pedoman resmi yang mengatur penggunaan masker untuk anak-anak. Center for Disease and Prevention Control (CDC) Amerika Serikat hanya merekomendasikan penggunaan masker saat berada di area luar rumah.

    2. Masker tak boleh digunakan untuk anak di bawah usia 2 tahun
    CDC menyebutkan bahwa masker tak boleh digunakan oleh anak berusia kurang dari 2 tahun. Saluran udara pada bayi yang masih tergolong kecil membuat mereka akan mengalami kesulitan bernapas saat memakai masker. Selain itu, risiko mati lemas juga akan mengintai mereka.

    Orang tua dapat melindungi anak dengan mencoba menghentikan kebiasaan mereka untuk menyentuh wajah atau menjilati tangan.

    3. Buat masker anak sendiri
    Masker anak tak perlu jauh berbeda dengan orang dewasa. Dari segi bahan, katun adalah pilihan terbaik. Pertimbangkan juga untuk menggunakan kain sarung bantal atau kaus yang sudah tak dipakai.

    Untuk membuatnya lebih menarik, orang tua bisa menyesuaikan motif kain sesuai dengan yang disukai anak.

    4. Biarkan anak berlatih membiasakan diri di rumah
    Ahli kesehatan anak, Katherine Williamson mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan orang tua adalah memberikan pemahaman pada anak soal penggunaan masker.

    Williamson merekomendasikan orang tua untuk membiarkan si buah hati berlatih dengan menggunakan masker di rumah.

    5. Biarkan anak tahu kondisi sebenarnya
    Orang tua tak bisa berpura-pura pada anak bahwa semua berada dalam keadaan baik-baik saja. Psikolog anak Kendra Reed mengatakan, orang tua harus berbicara terus terang mengenai kondisi yang tengah terjadi.

     

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img