spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Rudal Rusia Gempur Kamp Bersalin Pengungsi Suriah, 21 Tewas

    SURIAH, FOKUSJabar.id: Serangan rudal Rusia dan pasukan Presiden Bashar Al-Assad dilaporkan menghantam lokasi dekat sebuah kamp sementara bagi pengungsi Suriah di Desa Qah, Provinsi Idlib, yang berbatasan dengan Turki, Rabu (20/11/2019) waktu setempat.

    The Syrian Observatory for Human Rights menuturkan rudal darat yang jatuh di dekat fasilitas bersalin pengungsi Suriah itu menewaskan 21 orang, termasuk anak-anak, dan melukai 40 orang lainnya.

    “Di tempat lain, pesawat militer Rusia juga menargetkan Kota Maaret al-Numan di selatan Provinsi Idlib. Enam warga sipil termasuk empat anak,” bunyi pernyataan observatorium, seperti dilansir CNN.

    Observatorium menyebutkan Desa Qah merupakan salah satu wilayah di Idlib yang masih dikuasai pemberontak. Wilayah barat laut Idlib didominasi kelompok Islamist of the Hayat Tahrir al-Sham (HTS). HTS dulu pernah menjadi afiliasi kelompok teroris Al Qaidah di Suriah.

    Karena itu, pasukan Suriah dan Rusia kerap meluncurkan serangan udara ke wilayah Idlib. Observatorium itu memperkirakan hampir 1.000 orang terbunuh sejak akhir April hingga akhir Agustus lalu di wilayah itu.

    Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga memaparkan bahwa lebih dari 400 ribu warga sipil di sana telantar akibat perang sipil yang telah berlangsung sejak 2011 lalu.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img