spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    AS Setujui Penjualan Rp50,3 Trilyun Rudal ke Turki

    AMERIKA SERIKAT, FOKUSJabar.ci.id: Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat(AS) menyetujui prospek penjualan sistem pertahanan rudal dan udara Patriot senilai US$3,5 miliar atau setara Rp50,3 trilyun ke Turki.

    Kementerian Pertahanan AS melaporkan bahwa Kemlu sudah menyetujui penjualan 80 rudal Patriot dan 60 jenis peluru kendali lainnya ke Turki beserta alat pertahanan lainnya pada Selasa (18/12/2018) waktu setempat.

    Melansir CNN, Rabu (19/12/2018), pengumuman ini datang tak lama setelah Kemlu AS menyatakan bahwa mereka sedang berunding dengan Turki mengenai kemungkinan penjualan sistem pertahanan rudal Raythen Co Patriot sehingga Ankara tak perlu membeli sistem S-400 dari Rusia.

    Pengumuman ini datang tak lama setelah Kemlu AS menyatakan bahwa mereka sedang berunding dengan Turki mengenai kemungkinan penjualan sistem pertahanan rudal Raythen Co Patriot sehingga Turki tak perlu membeli sistem S-400 dari Rusia.

    Namun, Turki dua kali menolak tawaran tersebut. Sebelumnya, Turki lebih memilih sistem dari China sebelum beralih ke S-400 produk Rusia.

    AS dan NATO pun berulang kali mengingatkan bahwa sistem pertahanan Rusia tak bisa diintegrasikan dengan sistem yang dipakai blok tersebut.

    Mereka juga menyatakan bahwa pembelian S-400 akan membahayakan prospek pembelian jet F-35 produksi Lockheed Martin Corp dan mungkin mendorong AS menjatuhkan sanksi atas Turki.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img