spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Kebakaran Hutan di Kalbar Meluas, Satgas Karhutla Kerahkan 8 Heli

    PEKANBARU, FOKUSJabar.id: Komandan Satgas Udara Lanud Supadio, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Minggit Tribowo menyatakan, Satgas Udara Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalimantan Barat (Kalbar) mendapat tambahan bantuan 4 Heli untuk untuk memadamkan api, Selasa (21/8/2018). Total saat ini 8 heli dikerahkan untuk proses water bombing.

    “Sebelumnya ada empat heli untuk water bombing di Satgas Udara. Sekarang ada empat heli lagi ditambah untuk penanggulangan kebakaran lahan ini,” kata Komandan Satgas Udara, Lanud Supadio, Marsekal Pertama (Marsma), TNI Minggit Tribowo, seperti dilansir Detik.

    Minggit mengatakan, keempat heli tersebut merupakan bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB). Heli itu terdiri dari Heli Bolco satu unit, heli Bell 214 empat unit. Heli MI 8 tiga unit.

    “Jadi ada 6 heli di Lanud Supadio yang saban hari kita lakukan untuk water bombing. Dua heli lagi ditempatkan di Kab Ketapang,” ujar Minggit.

    Minggit menyebutkan, masing-masing heli ini dapat membawa air saling berbeda. Ada yang mampu membawa air untuk water bombing dengan kapasitas minimal 500 liter.

    “Ada juga heli yang mampu bawa air 3.000 liter sampai 5.000 liter. Tim Satgas Udara kita setiap harinya melakukan water bombing 8 sampai 9 jam per hari,” tambahnya.

    Minggit menerangkan, penanggulangan karhutla ini melibatkan seluruh jajaran TNI AD di Kalbar dan jajaran Polda Kalbar. Ditambah lagi tim BPBD provinsi dan kabupaten, Mangggala Agni dan masyarakat.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img