spot_img
Rabu 1 Mei 2024
spot_img
More

    Ini Makna Peringatan Hari Kartini Bagi Istri TB Hasanudin

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Di Hari Kartini ini, Sabtu 21 April, Ika Eviolina Hasanudin istri dari Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 T.B. Hasanudin melaksanakan kegiatan peringatan hari Kartini bersama Perempuan Hasanah di Balai Sartika Buah Batu, Kota Bandung.

    Menurut Ika, yang juga ketua komunitas juang perempuan, Sarinah Provinsi Jawa Barat, peringatan Hari Kartini adalah momentum untuk mengingatkan kembali para perempuan Indonesia khususnya di Jawa pada zaman dahulu.

    “Semoga momentum ini mengingatkan kembali pada kita untuk tidak melampaui batas sebagai wanita. Kita melihat ke belakang bagaimana susahnya mendapat kebebasan wanita zaman dahulu. Dengan begitu, kita harus mengingat siapa sebenarnya jati diri kita ini,” ujarnya.

    Dia meyakini semangat juang Raden Ajeng Kartini masih hidup di setiap dada wanita Indonesia saat ini. Kami, kata Ika, mau memperjuangkan hak dan cita-cita perempuan Parahyangan untuk lebih mandiri di bidang ekonomi.

    Ika bercerita selama tiga bulan ini mengikuti suaminya berkeliling daerah di Jawa Barat. Dia bertemu dengan perempuan berbagai latar belakang yang ada di Parahyangan.

    “Begitu indah sekali, saya mendapati bahwa perempuan itu memiliki sesuatu yang tidak biasa. Begitu kompleks. Perempuan ada yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, berkarier dengan mengurus anak dan suami dan banyak lagi. Dari sana saya melihat bahwa Tuhan yang Maha Esa mengagungkan kaum perempuan,” ucap Ika.

    Dia juga menyebut, ada banyak perempuan di Jawa Barat yang menjadi contoh. Bahkan mereka ikut melawan penjajahan Belanda seperti Dewi Sartika dalam bidang pendidikan dan ada istri Presiden Sukarno, Inggit Garnasih.

    “Saya yakin, ke depan perempuan-perempuan yang berangkat dari tanah Sunda akan menjadi wanita-wanita hebat ikut membantu kemajuan bangsa dan negara Indonesia,” pungkasnya.

    (Ibenk/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img