spot_img
Rabu 26 Juni 2024
spot_img
More

    Tak Lolos UTBK SNBT 2024, Itenas Bandung Buka Jalur Nilai Tanpa Tes

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan hasil Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) sudah di umumkan pada Kamis (13/6/2024) kemarin. Namun, dari hasil tes tersebut ada yang lolos ada juga yang tidak.

    Nah, bagi yang belum beruntung, tidak perlu khawatir untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Pasalnya, Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung membuka pendaftaran calon mahasiswa baru tanpa harus mengikuti tes.

    Pendaftaran membuka jalur untuk nilai UTBK-SNBT akan berlangsung hingga 20 Agustus 2024 mendatang.Pendaftar cukup menggunakan sertifikat nilai hasil UTBK-SNBT saat mendaftar dan tidak perlu mengikuti tes. Untuk mendaftar, dapat mengakses http://pmb.itenas.ac.id dan pilih menu “Jalur UTBK-SNBT”.

    Kepala Bagian Pemasaran BKHP Itenas, Dr. Arsyad Ramadhan Darlis mengatakan, calon mahasiswa yang belum beruntung untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negri (PTN) agar tidak terlalu khawatir dengan pendidikan.

    Baca Juga: Buruan Daftar, Itenas Bandung Membuka 5 Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru

    Pasalnya, kata dia, Itenas Bandung memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan karena telah terakreditasi ‘Unggul’ baik akreditasi institusi maupun akreditasi program studi.

    “Terakreditasi Unggul, Itenas juga meraih peringkat ke-3 PTS Terbaik se-Jawa Barat dan peringkat ke-15 PTS Terbaik se-Indonesia dalam Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2024, membuat Itenas Bandung menjadi pilihan tepat untuk berkuliah,” kata Arsyad dalam keterangan tertulis yang di terima Jumat (14/6/2024).

    Arsyad menyebut, selain jalur nilai UTBK-SNBT, Itenas Bandung juga membuka empat jalur penerimaan lainnya yang bisa diikuti diantaranya Ujian Saringan Masuk (USM), One Day Test (ODT), Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMdK), hingga Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

    “Untuk jalur USM, saat ini Itenas Bandung membuka pendaftaran gelombang ketiga dengan batas akhir 23 Juni 2024. Jalur ini merupakan tes tertulis yang dilaksanakan secara daring,” katanya.

    Baca Juga: Itenas Bandung Bakal Kembali Gelar Job Fair 2024, Catat Tanggalnya

    Selain USM, calon mahasiswa juga dapat memanfaatkan jalur ODT yang juga merupakan jalur tes tertulis. Jalur ini dilaksanakan setiap hari dan jam kerja serta hasil ujiannya dapat keluar sehari setelah tes.

    Terakhir ada jalur RPL yang bisa mengkonversikan pengalaman pendidikan maupun pekerjaan menjadi satuan kredit semester (SKS). Dengan begitu, waktu tempuh perkuliahan akan jauh lebih cepat. Jalur ini juga menawarkan jadwal kuliah yang fleksibel, cocok untuk alumni diploma dan sarjana serta karyawan instansi.

    Informasi selengkapnya mengenai persyaratan, tata cara, dan lainnya mengenai Penerimaan Mahasiswa Baru Itenas dapat diakses pada laman http://pmb.itenas.ac.id

    (Yusuf Mugni)

    Berita Terbaru

    spot_img