spot_img
Rabu 19 Juni 2024
spot_img
More

    Bayar PBB dan Pajak Kendaraan di Kota Bandung Hanya 5 Menit

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Mempermudah para wajib Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dalam pengajuan pelayanan, Pemerintah Kota Bandung telah meluncurkan aplikasi mobile Sistem Pelayanan PBB Kota Bandung atau Teman PBB.

    Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengatakan, pembayaran pajak semakin mudah dengan aplikasi tersebut. Proses pembayarannya sangat cepat (5 menit).

    BACA JUGA:

    Terkesan Diabaikan, Forum RW se-Kota Bandung Ancam Walk Out Saat Pilkada

    “Tadi kita sosialisasikan bagaimana membayar Pajak Bumi dan Bangunan yang sangat amat mudah. Tidak kurang tidak lebih 5 menit sudah bisa terbayar. Artinya mudah sekali,” kata Bambang di Plaza Balai Kota Jalan Wastukencana Kota Bandung, Senin (10/6/2024).

    Selain itu, disosialisasikan terkait kemudahan pembayaran pajak kendaraan melalui anjungan Samsat Digital Mandiri.

    “Kita juga menyosialisasikan kepada seluruh ASN Kota Bandung bagaimana kita bayar pajak kendaraan bermotor. Waktunya pun hanya 5 menit. Itu tidak perlu balik lagi ke Samsat. Artinya one gate service langsung semuanya,” kata Dia.

    Bambang menyebut, ASN Pemerintah Kota Bandung harus menjadi pioner dan pelopor dalam mengajak masyarakat untuk taat membayar pajak.

    “ASN sebagai pelopor untuk bisa mengajak warga kota Bandung taat pajak,” katanya.

    BACA JUGA:

    Perwakilan Parpol Walk Out Saat Peluncuran Maskot Pilkada, Ini Penjelasan Ketua KPU Kota Bandung

    Pihaknya optimis dengan kemudahan membayar pajak dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Nantinya akan digunakan untuk kesejahteraan masyarakat.

    “Kita harus optimis dengan ajakan ASN untuk bayar pajak. Ini lebih meningkat presentasinya (pendapatan pajak) nanti kita hitung,” ujar dia.

    Sebagai informasi, Teman PBB dibangun bekerja sama dengan bank bjb. Output dari aplikasi Teman PBB berupa e-SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Terutang) yang dapat langsung diunduh di play store.

    Selain itu, masyarakat juga dapat langsung membayar PBB melalui aplikasi.

    Kepala Bapenda Kota Bandung, Iskandar Zulkarnain mengatakan, aplikasi mobile pajak berbasis Android ini merupakan yang pertama di wilayahnya.

    Ia berharap, hadirnya aplikasi ini lebih mempermudah para wajib pajak dalam pengajuan pelayanan dan output berupa e-SPPT.

    “Masyarakat sudah dapat langsung mengunduh melalui gawai pribadi masing-masing dan menikmati layanannya,” kata Dia.

    Berikut fitur yang tertanam dalam aplikasi Teman PBB:

    1. SPPT Digital atau Elektronik SPPT
    2. Pembayaran PBB
    3. Pelayanan PBB
    4. Layanan Konsultasi
    5. Info Pelayanan

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img