spot_img
Senin 17 Juni 2024
spot_img
More

    Asep Sukmana: Kota Tasikmalaya Barometer Pemilu Jabar

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: 207 tenaga Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Tasikmalaya Jawa Barat (Jabar) dilantik dan diambil sumpah oleh Ketua KPU, Asep Rismawan di Balloom Hotel Grand Metro, Minggu (26/5/2024).

    Acara pelantikan tersebut dihadiri Plh Wali Kota Tasikmalaya, Asep Sukmana, Bawaslu, Camat, Lurah serta unsur Forkopimda lainnya.

    BACA JUGA:

    Ketua KPU Garut Lantik 1.326 PPS Pilkada 2024

    Sebelum pelantikan, dibacakan surat keputusan pengangkatan dan pelantikan oleh Sekretaris KPU Kota Tasikmalaya, Wahyu Herlambang.

    Selain mengucapkan sumpah janji pelantikan, para insan-insan PPS juga mengucapkan janji fakta integritas sekaligus penandatanganan.

    Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Asep Rismawan mengatakan, anggota PPS yang dilantik merupakan orang-orang pilihan yang telah menjadi penyelenggara negara.

    Mereka bekerja untuk menyukseskan Pilgub Jabar dan Pilkada Kota Tasikmalaya Nopember 2024 mendatang.

    “Saya minta PPS tunjukkan kinerjanya dengan menyukseskan pelaksanaan Pilgub Jabar dan Pilkada Kota Tasikmalaya. Ini tugas anda,” ungkap Asep Rismawan.

    Ia menjelaskan, dalam janji fakta integritas ada sejumlah poin penting yang wajib dipahami dan ditanamkan dalam diri masing-masing anggota PPS dalam menjalankan tugas.

    “Saat mengucapkan fakta integritas. Ada empat poin yang wajib dimiliki oleh setiap penyelenggara Pemilu. Yakni, jujur, adil, mandiri dan akuntabel. Ini menjadi etika dan kode etik Pemilu,” ujarnya.

    Menurut Dia, KPU, PPK dan PPS merupakan penyelenggara Pemilu yang memiliki tanggungjawab dan komitmen agar Pilkada Kota Tasikmalaya lebih berkualitas dan berintegritas.

    BACA JUGA

    Suami Meninggal, Seorang Ibu di Pangandaran Bingung Hidupi Ketiga Anak Kembarnya

    “Ada 4 PR penting yang harus kita lakukan demi suksesnya Pilkada. Pertama partisipasi pemilih, zero kesalahan administrasi, tidak ada sengketa serta Pilkada selesai tanpa ekses,” katanya.

    Plh Wali KOta Tasikmalaya, Asep Sukmana mengungkapkan, setelah dilantik insan-insan PPS sudah menjadi bagian dari penyelenggara negara yang sudah memiliki kewajiban untuk menyukseskan agenda negara. Yakni, Pilgub Jabar dan Pilkada Kota Tasikmalaya 27 November 2024.

    “Anggota PPS telah mendapatkan fasilitas dari negara. Sehingga memiliki tanggungjawab moral dalam menyukseskan pelaksanaan Pilgub Jabar dan Pilkada Kota Tasikmalaya. Ini merupakan agenda negara,” ungkapnya.

    BACA JUGA:

    Ratusan Santri Datangi Mapolres Ciamis Minta Polisi Tindak Pelaku Pemalakan

    Ia menjelaskan, Kota Tasikmalaya menjadi daerah terbaik di Provinsi Jawa Barat dalam proses pelaksanaan Pemilu. Sehingga prestasi ini harus dipertahankan dan ditingkatkan.

    “Kota Tasikmalaya jadi barometer dalam penyelenggaraan Pemilu di Jawa Barat. Tingkat partisipasi masyarakatnya tinggi. Pilkada 2017 mencapai 81,05 persen, Pilgub 2018 (81,14 persen), Pemilu 2019 (87,49 persen) dan Pemilu serentak 2024 mencapai 86,46 persen. Ini tertinggi di Jabar,” tutup Dia.

    (Seda/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img