spot_img
Selasa 18 Juni 2024
spot_img
More

    Jamin Masa Depan, Atlet dan Pelatih Jabar Dibekali Ilmu Kewirausahaan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: KONI Jawa Barat terus berupaya melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kesejahteraan para pelaku olahraga di Provinsi Jawa Barat, terutama atlet dan pelatih. Salah satu upaya nyata yang dilakukan yakni dengan menggelar Pelatihan Kewirausahaan bagi Atlet dan Pelatih KONI Jawa Barat yang digelar di BRI Work Unpar, Jalan Ciumbuleuit Kota Bandung, Kamis (16/5/2024).

    Pelatihan digelar KONI Jabar bekerjasama dengan BRI cabang Dago serta Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Kegiatan batch pertama ini diikuti oleh 30 atlet dan pelatih serta digelar selama satu bulan dengan lima kali pertemuan.

    “Ini kegiatan yang kedua untuk pembekalan wirausaha kepada atlet dan pelatih. Untuk kegiatan pertama, sasaran kita kepada atlet dan pelatih aktif dengan backup baik dari berbagai institusi maupun organisasi. Sementara untuk kegiatan kali ini tidak dibatasi bagi atlet dan pelatih aktif saja,” kata Ketua Pelaksana sekaligus Wakil Ketua V KONI Jabar Bidang Hubungan Antar Lembaga, Aan Johana saat ditemui di sela-sela acara, Kamis (16/5/2024).

    Dari pelaksanaan kegiata pelatih pertama, lanjut Aan, para peserta dari atlet dan pelatih memperoleh dan mampu memanfaatkan ilmu yang mereka dapatkan selama pelatihan. Bahkan beberapa diantaranya mendapat bimbingan serta bantuan permodalan secara langsung untuk mengembangkan maupun membangun usaha.

    “Untuk kegiatan pelatihan yang kedua ini, walaupun tidak begitu banyak pesertanya hanya 30 orang, tapi mudah-mudahan dari segi kualitasnya akan lebih baik. Sekarang sasarannya adalah atlet-atlet maupun pelatih yang sudah purna, yang sudah senior lah,” Aan menambahkan.

    Aan mengatakan, kegiatan pelatihan kewirausahaan ini menjadi bentuk nyata apresiasi KONI Jabar kepada para pelaku olahraga khususnya atlet dan pelatih. Selain rekrutment di berbagai instansi baik swasta maupun pegawai negeri, KONI Jabar pun menunjukkan kepeduliannya dengan memberikan bekal bagi para atlet maupun pelatih untuk keberlangsungan masa depan mereka.

    “Karena tidak semua kan ter-rekrut menjadi pegawai baik di swasta maupun pegawai negeri. Masih banyak teman-teman atlet maupu pelatih ini yang memprihatinkan atau belum mempunyai pegangan usaha sebagai jaminan untuk masa depan mereka. Kegiatan ini salah satu upaya dari KONI Jawa Barat mempersiapan masa depan mereka, karena tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang berpotensi akan mendapatkan dukungan pemodalan dari BRI,” Aan menerangkan.

    Kegiatan pelatihan kewirausahaan tersebut, lanjut Aan, rencananya akan digelar secara berkala dan berkelanjutan hingga masa bakti kepengurusan berakhir. Dengan demikian, para atlet maupun pelatih yang sudah berkontribusi bagi Jawa Barat bahkan bangsa dan negara mendapatkan kesempatan untuk memperoleh ilmu kewirausahaan sebagai jaminan kesejahteraannya di masa depan.

    “Selain dengan BRI, kita pun berencana menggandeng berbagai instansi lain untuk ikut serta mendukung kegiatan pelatih kewirausahaan ini. Termasuk dengan Kementerian Tenaga Kerja yang sudah menghubungi kita, karena mereka melihat jika kegiatan ini sangat bagus sebagai bentuk kepedulian sekaligus menjamin kesejahteraan atlet maupun pelatih. Semoga dengan dukungan dari berbagai pihak, persoalan klasik terkait minimnya kesejahteraan pelaku olahraga saat sudah ‘pensiun’ tidak lagi terjadi,” Aan menadaskan.

    Kegiatan Kewirausahaan bagi Atlet dan Pelatih KONI Jabar dibuka secara resmi oleh Ketua Umum KONI Jabar, M. Budiana. Selain dihadiri jajaran pengurus KONI Jabar, kegiatan pun dihadiri Branch Office Head BRI Dago, Affandi Ahmad, perwakilan Dispora Jabar, serta pewakilan dari pihak Unpar.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img