spot_img
Selasa 28 Mei 2024
spot_img
More

    Survei IPRC: Elektabilitas Emil di Pilgub Jabar Masih Tertinggi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Survei Indonesian Politics Research Consulting (IPRC) menyatakan elektabilitas mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) masih teratas. Hasil survei menempatkan tingkat keterpilihan Emil di Pilgub Jabar 2024 di angka 45,0 persen.

    Disusul mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi 18,8 persen, Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) 6,3 persen, Atalia Praratya 4,5 persen, mantan Wagub Jabar Deddy Mizwar 3,8 persen, kemudian ada Dede Yusuf di angka 2,9 persen.

    “Konstelasi Pilgub Jabar masih bisa berubah, mengingat Ridwan Kamil juga belum memiliki kejelasan sikap akan bertarung di Pilgub Jabar atau DKI Jakarta,” kata Direktur Eksekutif IPRC M Indra Purnama pada diskusi bertajuk ‘Menakar Pilgub Jawa Barat ‘ di Anatomi Kafe, Kota Bandung, Senin (13/5/2024).

    BACA JUGA: Soal Maju di Pilgub Jabar 2024, Ono Surono: Masih Tunggu Perintah

    Indra memprediksi Emil akan berpasangan dengan mantan Wali Kota Bogor Bima Arya jika maju di Pilgub Jabar.

    Hal ini pun, kata Indra, akan menjadi hitung-hitungan partai politik (parpol) lain untuk memajukan calon mereka pasa Pilgub Jabar nanti.

    Menurut dia, jika Emil kembali bertarung di Jabar, parpol akan mendukungnya sebagai Cagub. Jika sebaliknya, maka akan terbuka kesempatan bagi calon lainnya untuk meraih kursi gubernur Jabar.

    “Kalau dengan Ridwan Kamil, akan ada 2-3 pasangan calon. Kalau tanpa Emil, kemungkinan ada 3-4 pasangan calon yang akan mengikuti Pilgub Jabar,” kata dia.

    Di sisi lain, Ketua DPW PKS Jabar Haru Suandharu memastikan partainya siap berkoalisi dengan partai manapun di Pilgub Jabar nanti.

    “Segala kemungkinan masih bisa terjadi,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img