spot_img
Selasa 28 Mei 2024
spot_img
More

    H+2 Lebaran, Lalu Lintas di Jabar Lancar Terkendali

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat hari ini mulai mengantisipasi pergerakan arus balik lintas Jabar tepatnya dari wilayah Jawa Tengah menuju Jakarta.

    Diperkirakan arus balik akan mulai terjadi Jumat dan meningkat pada hari Sabtu sampai Senin (13-15/4/2024).

    BACA JUGA: Selama Arus Mudik, Posko Kesehatan Jabar Tangani 6 Penyakit

    “Kita antisipasi kamacetan pada puncak arus balik yang menurut prediksi akan terjadi Sabtu sampai Senin ini,” ujar Sekretaris Daerah Jabar Herman Suryatman, Jumat (12/4/2024).

    Antisipasi yang disiapkan di antaranya ada beberapa titik berpotensi terjadi kemacetan dilakukan rekayasa lalu lintas, yang bekerja sama dengan aparat kepolisian.

    Contra flow arus mudik di tol Jakarta – Cikampek dan Cikampek- Palimanan pada H+2 Lebaran masih diberlakukan dan direncanaka untuk hari ini, Jumat (12/4/2024) akan diberlakukan contra flow arus balik.

    Contra flow diberlakukan secara tentatif baik di jalur tol Cipali hingga Cikampek maupun contra flow lalu lintas arah dari Garut ke Bandung. Serta pengalihan sementara kendaraan dari Bandung ke Garut ke jalan Cihuni.

    BACA JUGA: Ramadhan 1445 H, Penjualan Opadi Capai 90,14 Persen

    “Sejumlah ruas jalan baik jalur biasa maupun bebas hambatan (jalan tol) akan dilakukan contra flow atau bisa juga one way, tergantung kepolisian melihat situasi lapangan,” kata Herman,

    Dilaporkan hingga H+2 Lebaran, secara umum lalu lintas di beberapa titik pengamatan terpantau lancar, seperti jalur Cijolang (Jalan Banjar – Majenang), lalu lintas lancar kecepatan rata-rata 46 kilometer per jam. Tercatat kendaraan ke arah Jateng 15.573 unit dan ke Jabar sejumlah 12.038 unit

    Jalur Losarang, Indramayu, lalu lintas lancar kecepatan rata- rata 49 kilometer per jam. Kendaraan ke arah Jateng tercatat 41.685 unit dan ke Jabar sejumlah 31.057 unit.

    Jalur Losari, Cirebon, lalu lintas lancar kecepatan rata-rata 43 kilometer per jam. Kendaraan ke arah Jateng sejumlah 42.807 unit dan ke Jabar sejumlah 34.874 unit.

    Sementara terpantau terdapat titik kemacetan di sekitar jalur lintas selatan di sekitar Limbangan (arah Tasikmalaya) dan Kadungora (arah Garut).

    Arus Lalin kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat yang melintas di Jalan Kedawung (Kecamatan Weru) dan Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon menuju arah Jawa Barat dan DKI Jakarta aman lancar.

    Sementara arus lalu lintas dari wilayah Banjar dari Jawa Tengah menuju Bandung juga terpantau lancar.

    Diperkirakan peningkatan arus lalu lintas akan terjadi pada Sabtu – Ahad atau 13 hingga 14 April 2024 mendatang.

    (Budiana Martin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img