spot_img
Selasa 28 Mei 2024
spot_img
More

    Selama Arus Mudik, Posko Kesehatan Jabar Tangani 6 Penyakit

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemudik telah melintasi wilayah Jawa Barat menuju Jawa Tengah. Untuk mengantisipasi gangguan kesehatan, Pemprov Jabar menyiapkan 293 posko kesehatan.

    Posko Kesehatan Jabar tersebut diisi 423 dokter yang siap berjaga selama 24 jam secara bergiliran.

    Selain dokter, sedikitnya 1.981 perawat, 1.375 bidan, 46 tenaga kesehatan tradisional (nakestrad) dan 971 nakes lain berada di posko kesehatan.

    BACA JUGA:

    Ramadhan 1445 H, Penjualan Opadi Capai 90,14 Persen

    Selama arus mudik, petugas posko menemukan gangguan kesehatan dasar pemudik yang ditangani. Yakni, gastritis, hipertensi, cephalgia (nyeri kepala), influenza, vulnus laceratum/punctum dan tension headache.

    Jumlah pengendara yang mendapatkan pelayanan dasar kesehatan sebanyak 18 orang. Untuk penanganan gastritis (6 orang) di Kota Bandung dan Kabupaten Tasikmalaya.

    Hipertensi sebanyak empat orang di Kota Bandung dan Kabupaten Pangandaran dan dan cephalgia (nyeri kepala) sebanyak satu orang di Kota Bandung.

    Kemudian penanganan influenza sebanyak lima di Kota Bandung, vulnus lapceratum/punctum sebanyak satu orang di Kota Bandung dan tension headache sebanyak satu orang di Kota Bandung.

    “Dari enam jenis penyakit yang ditangani  itu paling banyak pemudik mengalami gastritis ada  enam orang,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman di Kota Bandung, Jumat (12/4/2024).

    Melalui tenaga kesehatan yang berjaga di posko, mereka selalu mengingatkan dan memberikan edukasi kepada pemudik terkait penyakit yang diderita oleh pemudik atau pelaku perjalanan yang datang ke posko kesehatan.

    BACA JUGA:

    Selama Ramadhan Sampah di TPK Sarimukti Terkelola Baik

    Herman juga mengungkapkan, menjelang arus balik, tenaga kesehatan meningkatkan kesiapsiagaan posko terutama meningkatkan kewaspadaan dan pengamatan untuk penyakit menular dan penyakit potensial KLB lainnya.

    “Ditingkatkan pula layanan Puskesmas 24 jam pada jalur utama mudik dan balik,” ujarnya.

    Berdasarkan prakiraan BMKG, Herman juga mengingatkan pemudik untuk antisipasi kemungkinan hujan pada Jumat (12/4/2024) untuk daerah Kabupaten Bekasi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Bekasi dan Kota Depok.

    (Budiana Martin/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img