spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Idosat Sukses Menaikan Trafik Data 8,9 Persen

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) terus berkomitmen memberikan pengalaman yang mengesankan atau marvelous experience dengan menjaga performa jaringannya di momen spesial perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

    Didukung 172 ribu BTS 4G di seluruh Tanah Air, sepanjang periode liburan akhir tahun 2023 Indosat berhasil mencatatkan kenaikan trafik data harian tertinggi sebesar 8.9 persen dibandingkan rata-rata periode hari normal.

    Director & Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung menyampaikan, kepercayaan dari 100 juta pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison merupakan bagian terpenting bagi kita.

    BACA JUGA:

    Diguncang Gempa, Pasien RSUD Sumedang Masih Trauma

    “Sejalan dengan upaya menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia, kami berhasil memenuhi tingginya kebutuhan digital pelanggan selama masa liburan akhir tahun ini,” kata Desmond Cheung melalui keterangan tertulis yang di terima FOKUSJabar, Rabu (3/1/2024).

    Desmond menyebut, capaian ini tak lepas dari dedikasi penuh seluruh tim Indosat dan mitra di lapangan dalam memastikan tersedianya layanan telekomunikasi yang optimal, sehingga pelanggan dapat melewatkan momen spesial bersama keluarga dan orang tercinta.

    Indosat mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 8,4% pada 24 Desember 2023 dan 8.9% pada 31 Desember 2023 dibandingkan dengan rata-rata periode hari normal.

    Peningkatan trafik data yang signifikan di masa liburan akhir tahun terlihat di beberapa kota di Pulau Jawa. Seperti Bandung, Banjarnegara, Bogor, Karawang, Kediri, Madiun, Malang, Purwakarta, Purwokerto, Tangerang, Tasikmalaya, dan Tegal.

    Sementara di luar Pulau Jawa,  Kota Balikpapan, Bandar Lampung, Bali, Bone, Gowa, Kotabumi, Medan, Metro, Pare-Pare, Pontianak, dan Samarinda, merupakan kota dengan lonjakan trafik data yang paling tinggi.

    Pada malam pergantian tahun, platform digital seperti WhatsApp, Instagram, YouTube, Facebook dan TikTok berkontribusi besar dalam melonjaknya konsumsi data pelanggan Indosat.

    Peningkatan permainan game online seperti Mobile Legends, Roblox, Call of Duty, Genshin Impact, dan PUBG turut memicu kenaikan trafik data.

    BACA JUGA:

    Pembuang Bayi di Cipaku Ciamis Diamankan Polisi

    Hal serupa juga ditemui pada platform digital Indosat, myIM3 dan bima+. Di mana terjadi peningkatan aktivitas pengguna sebesar hampir 1 juta pelanggan dibandingkan rata-rata periode hari normal.

    Hal tesebut dipicu oleh pembelian paket layanan dan juga akses ke layanan on-demand.

    Dalam memenuhi lonjakan trafik data, Indosat telah meningkatkan konektivitas jaringannya secara proaktif dengan melakukan optimasi pada 434 lokasi prioritas dan peningkatan kapasitas di 527 titik.

    Indosat juga telah menggelar uji coba jaringan di jalur dan wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda dan Balikpapan.

    Hasil optimalisasi dan peningkatan kapasitas jaringan ini secara terus menerus dimonitor oleh Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC).

    BACA JUGA:

    Berseteru dengan Menantu, Mertua di Kota Tasikmalaya Tempuh Jalur Hukum

    Command Center fisik terpusat ini didukung oleh teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi agar dapat memantau ketersediaan dan kualitas jaringan.

    Termasuk mengatasi tantangan dan keluhan yang muncul untuk menjaga kenyamanan pelanggan menggunakan layanan Indosat.

    Aktivitas peningkatan kualitas jaringan dan operasional Command Center fisik terpusat telah dilakukan untuk memastikan pelanggan Indosat menikmati pengalaman digital yang mengesankan.

    Aplikasi dan dashboard khusus seperti Operational Dashboard, Performance Dashboard, NetDrone, dan Subscriber Movement Dashboard disiapkan untuk memantau status performa jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara proaktif.

    Dengan dukungan teknologi ini, Indosat dapat mempercepat penanganan kendala jaringan yang terjadi di awal tahun 2024. Pusat pelayanan pelanggan Indosat melalui brand IM3, Tri, dan Indosat HiFi juga turut disiagakan.

    Berbagai penawaran khusus dapat dinikmati pelanggan dengan mengakses www.im3.id/tahunbaru, www.bima.tri.co.id, dan www.hifi.ioh.co.id.

    Tak hanya itu, pelanggan juga dapat mengunjungi gerai IM3, 3Store, serta menghubungi layanan pelanggan melalui saluran resmi official WhatsApp untuk IM3 (08551000185) dan Tri (08999800123), aplikasi myIM3 dan bima+, Twitter (@IndosatCare dan @3CareIndonesia) serta email ([email protected] dan [email protected].) untuk mendapatkan dukungan penyelesaian atas kendala yang dialami pelanggan selama menikmati liburan bersama keluarga dan orang tercinta.

    “Upaya Indosat dalam menjaga performa jaringan dan menghadirkan layanan telekomunikasi digital sepanjang momen special perayaan natal 2023 dan tahun baru 2024 membuktikan komitmen kami untuk terus menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

    (Yusuf Mugni/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img