spot_img
Senin 27 Mei 2024
spot_img
More

    Pramuka Mendidik Generasi Muda Berkarakter

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pembangunan karakter bangsa menjadi fokus bangsa kita saat ini dan ke depan. Pembangunan SDM harus sejalan dengan pembangunan fisik dan mental yang berkepribadian.

    Bagaimana tidak, kunci keberhasilan pembangunan bangsa terletak pada SDM yang berkualitas.

    Demikian dikatakan anggota Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kwarcab Gerakan Pramuka Ciamis, Tatang saat pembukaan Raimuna tingkat Kabupaten Ciamis di Buper Majaprana Pamalayan, Sabtu (23/12/2023).

    BACA JUGA: K-SPSI Garut Gelar Konfercab ke-1, Ini Kata Wakil Sekretaris DPC Demokrat

    Tatang mengatakan, gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal akan melengkapi pendidikan informal yang diperoleh anak-anak dalam keluarga dan pendidikan formal di sekolah.

    “Mengingat pendidikan formal saja tidak cukup untuk menghasilkan manusia berkarakter. Maka dengan Pramuka dilatih menjadi insan yang handal dan berkarakter,” katanya.

    Tatang menuturkan, Pramuka Penegak dan Pandega yang memiliki usia 16 sampai 25 tahun perlu diberikan pengalaman lebih dalam mengelola kegiatan sebagai bentuk penggunaan metode kepramukaan learning by doing belajar sambil melakukan.

    BACA JUGA: Garda the Musical Siap Tunjukan Kekayaan Budaya Nusantara

    “Kelompok umur tersebut juga menyenangi kegiatan menarik dan menantang di alam terbuka hal ini juga sejalan dengan metode pendidikan gerakan Pramuka,” ucapnya.

    Tatang melanjutkan, Raimuna sebagai pertemuan besar bagi pramuka penegak dan pandega menjadi momen yang sangat baik untuk memupuk potensi dan kecakapan bagi kaum muda khususnya pramuka penegak dan pandega untuk memperbanyak bekal sebagai calon pemimpin bangsa ke depan.

    “Gerakan pramuka diharapkan dapat membangun manusia yang memiliki karakter kepemimpinan dan watak yang kuat bukan hanya membangun kaum muda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan teknologi akan tetapi kaum muda yang tangguh kepribadiannya luhur budi pekerti nya menjunjung kesatuan dan persatuan indonesia,”jelasnya.

    Tatang menjelaskan, kecakapan dalam bidang kata seni dan olahraga juga menjadi hal yang sangat penting dimiliki oleh kaum muda agar generasi ke depan memiliki karakter mental dan kecintaan terhadap kebudayaan yang kuat.

    “Generasi muda saat ini bisa menjadi harapan bangsa untuk masa depan,”ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img