spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    Momentum HGN, Ledia Hanifa Ajak Tingkatkan Kualitas dan Kesejahteraan Guru

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PKS, Ledia Hanifa mengajak seluruh bersama-sama meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru pada momentum Hari Guru Nasional (HGN).

    Menurutnya, menjadi seorang guru bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Seorang guru harus memiliki keteladan prima, konsisten, hingga curahan kasih sayang kepada siswa didiknya.

    “Guru harus mau menggali semua persoalan-persoalan yang ada pada siswa-siswanya dan siap untuk mengembangkan potensi para siswa. Itu adalah hal minimal yang bisa dilakukan oleh seorang guru,” ucap Ledia, Sabtu (25/11/2023).

    BACA JUGA: Momen Indah HGN, Disdik Ciamis Raih Penghargaan Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru Teresponsif

    Begitu juga dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Kata Ledia, ada lima prinsip yang tidak boleh hilang dari seorang guru.

    “Pertama, guru adalah teladan. Kedua, guru harus bisa menjadi kawan komunikasi anak-anak kita. Ketiga tentu guru adalah orang-orang yang bisa memahami bagaimana potensi anak-anak kita,” kata dia. 

    Keempat bagaimana bisa mendampingi mereka untuk melejitkan potensi-potensinya. Dan kelima tentu berkomunikasi dengan sekolah dan orang tua dan lingkungan, bagaimana tentang pengembangan pribadi para siswa ini.

    Ledia memandang, lahirnya peristiwa ‘sadis’ dan diluar nalar yang terjadi pada siswa seperti anak SD melompat dari lantai empat, hingga ada penusukan pada teman sebayanya itu disebabkan hilangnya prinsip dalam dunia pendidikan.

    “Ayo kita memfokuskan kepada pengembangan karakter siswa kita dengan menjadi teladan yang baik. Kemudian ketika ada kurikulum merdeka ini enggak boleh hilang itu prinsip dasar yang tadi,” kata dia.

    Ledia menilai, hal ini bukan hanya menjadi tugas seorang guru, tapi juga peran orang tua dan orang dewasa yang ada di lingkungan sekitarnya.

    BACA JUGA: Ledia Hanifa Ingatkan Pentingnya Kesiapan Pengamanan Piala Dunia U-17

    Oleh karena itu, pihaknya mendorong peningkatan kualitas, kemampuan dan kesejahteraan para guru agar mereka bisa melaksanakan tugasnya dengan baik tanpa terbebani persoalan persoalan yang lain.

    “Mari kita sama sama memberikan kebahagiaan pada guru ketika anak anak mendapat kesempatan merdeka belajar maka guru pun harus mendapatkan kemerdekaannya dalam mengajar agar mereka bisa terus berkembang dan memberikan dorongan terbaik bagi putra putri kita,” ujarnya. 

    Berita Terbaru

    spot_img