spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    Rantis 4×4 LMM Martel Jadi Primadona Masyarakat Ciamis Saat HUT TNI ke-78

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Momen antusiasme masyarakat dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) Ke-78 di Ciamis terlihat saat para pelajar semangat menaiki dan berswafoto di mobil rantis 4 x 4 yang mengangkut rudal MANPADS Lightweight Multirole Missile (LMM) Martlet milik Cirebon.

    Kendaraan rantis LMM Martlet tersebut dipamerkan bersama kendaraan rantis lainnya di pendopo Bupati Ciamis dalam rangka memperingati HUT TNI ke-78, Kamis (5/10/2023).

    BACA JUGA: Kepala SMAN 1 Banjarsari: Iuran dan Sumbangan Beda!

    Jenis kendaraan rantis LMM Martlet tersebut saat ini tengah menjadi perbincangan hangat karena beberapa kali terlihat dalam perang antara Rusia dan Ukraina. Mobil tersebut digunakan oleh Ukrina saat menghancurkan drone milik Rusia.

    Melansir dari Indomiliter, Martlet pasukan Ukraina dioperasikan secara man portable (dengan dipanggul) oleh seorang prajurit, sementara, Martlet TNI AD diluncurkan menggunakan Lightweight Multiple Launcher-Next Generation (LML-NG) dan RAPIDRanger mobile weapon systems.

    BACA JUGA: Warga Lumbung Ciamis Beternak Entog di Lahan Sempit

    Rudal yang dikhususkan untuk menembak pesawat tersebut biasanya ditempatkan pada kendaraan rantis 4 x 4 yang akan dimodifikasi dengan ditambahkan satu tiang dibelakang model MANPADS dua peluncur yang bisa digerakan secara otomatis dan manual oleh penggunanya.

    Lalu terdapat RAPID Ranger mobile systems yang ditambahkan dalam kendaraan rantis berjenis VAMTAC ST5 4 x 4 butan Francis yang sudah dikonfigurasi dengan sistem starstreak.

    Namun, nama martlet rudal tidak terlalu populer karena tidak memiliki kecepatan lesat fantastis seperti rudal MANPADS starstreak. Martlet hanya memiliki kecepatan 1.5 Mach sementata MANPADS starstreak 4 Mach tetapi kedua rudal tersebht diciptakan oleh perusahaan yang sama yakni Thales Air Defence.

    Sebagai informasi, dalam pameran kendaraan rantis di pendopo Bupati Ciamis tersebut rantis tersebut tidak dilengkapi dengan amunisi dalam artian setiap orang bebas menaikinya dan mengoperasikan cara kerja dari senjata tersebut.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img