spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Jokowi Resmikan Kereta Cepat, Pertanda Modernisasi Transportasi Massal

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta, Senin (2/10/2023). 

    Dalam sambutannya Jokowi mengatakan, KCJB merupakan kereta cepat pertama di Indonesia bahkan pertama di Asia Tenggara. Dengan kecepatan jarak tempuh hingga 350 km per jam dan diberi nama Whoosh. 

    “Ini (Whoosh) diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini, juga singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat,” katanya.

    BACA JUGA: Kereta Cepat Whoosh Resmi Beroperasi, Ini yang Diharapkan Pj Wali Kota Bandung

    Menurut Jokowi, Whoosh merupakan penanda bagi modernisasi transportasi massal saat ini yang efisien, ramah lingkungan, dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya. 

    Kereta cepat Whoosh merupakan hal baru transportasi dari segi teknologi, konstruksi, pembiayaan, dan kecepatan seperti halnya MRT dan LRT. 

    Kendati, dengan berkembangnya zaman saat ini yang ditandai kemajuan teknologi, maka harus mulai mengikuti dengan terus belajar dan mencoba hal-hal baru walaupun terdapat rintangan karena pengalaman itu mahal dan berharga. 

    “Keberanian kita mencoba hal-hal baru memberikan kepercayaan dan kesempatan untuk belajar pada anak-anak bangsa dan akan sangat berguna bagi masa depan membuat SDM kita semakin maju dan bangsa kita semakin mandiri,” kata dia.

    Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melaporkan,  pembangunan KCJB berjalan baik dengan kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah, BUMN, Pemerintah China, perusahaan swasta, akademisi, dan masyarakat. 

    “Melalui KCJB ini bangsa kita mendapatkan berbagai manfaat, mulai dari terciptanya lapangan kerja baru, utamanya bagi masyarakat lokal, juga menghadirkan multiplier effect terhadap moda transportasi lainnya atau kendaraan feeder,” kata Luhut. 

    Manfaat lainnya, menciptakan pertumbuhan ekonomi di wilayah yang dilintasi oleh jalur kereta cepat serta terjadinya transfer teknologi yang mutakhir terutama di bidang konstruksi dan modernisasi sistem perkeretaapian. 

    “Kedepannya kami berharap KCJB akan mendorong masyarakat untuk lebih menggunakan transportasi umum dalam rangka mengurangi emisi karbon dari kendaraan pribadi,” ucapnya.

    Luhut menyampaikan pula, masa uji coba gratis bagi masyarakat untuk naik KCJB akan diperpanjang hingga pertengahan bulan Oktober 2023 karena masyarakat sangat antusias luar biasa selama tiga minggu terakhir ini untuk bisa menikmati KCJB. 

    BACA JUGA: Pj Gubernur Jabar, Ajak Media Dukung Kereta Cepat Whoosh

    Setelah meresmikan KCJB, Jokowi dan Iriana Jokowi didampingi Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Pj. Gubernur Jabar Bey Machmudin meluncur menuju Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. 

    Sesampainya di Stasiun Padalarang, Presiden Jokowi melanjutkan meninjau Pameran Lukisan Kereta Api karya seniman berkebutuhan khusus berprestasi Vincent Prijadi Purnomo dan Pameran Patung Nyoman Nuarta.

    (Budiana Martin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img