spot_img
Kamis 16 Mei 2024
spot_img
More

    Proyek Flyover Ciroyom Dipastikan Tak Rusak Heritage RPH

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengingatkan pelaksana proyek pembangunan flyover Ciroyom untuk tidak merusak heritage rumah potong hewan (RPH) Ciroyom. Tim ahli cagar budaya (TACB) dilibatkan dalam proses pembangunan tersebut.

    “Kita penanganan ada TACB dilibatkan, dari awal advice kita ingatkan ke pimpinan proyek,” kata Ema Jumat (8/9/2023).

    Ema menyebut, pembangunan flyover Ciroyom merupakan pekerjaan dari pusat. Namun, Ema mengaku sudah meminta agar TACB dilibatkan agar tetap memperhatikan dan melindungi heritage yang ada.

    BACA JUGA: Pemkot Bandung Targetkan Pembangunan Fly Over Ciroyom Selesai Akhir Tahun 2023

    “TACB sudah dilibatkan bagaimana penanganan perlindungan terhadap heritage,” katanya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar menyampaikan, bangunan heritage rumah potong hewan (RPH) Ciroyom di Jalan Arjuna, Kota Bandung akan terdampak pembangunan flyover Ciroyom. Namun, sejauh ini bangunan heritage belum dilakukan pembongkaran terlebih belum ada izin tim cagar budaya.

    “Jadi rencana pembangunan flyover salah satunya terdampak salah satu bagian bangunan heritage cagar budaya (RPH) tepat di bagian depan. Sekarang eksisting pos jaga itu rencana perhitungan akan kepotong dua meter,” kata Gin Gin.

    Menurutnya,  pembongkaran bangunan heritage harus mendapatkan rekomendasi atau izin dari tim cagar budaya. Oleh karena itu, akan berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.

    BACA JUGA: Kendalikan Harga Beras, Pemkot Bandung Akan Gelar Oprasi Pasar Murah di 30 Kecamatan

    “Belum turun rekomendasinya, belum ada pembongkaran. Baru ada pemagaran di sisi kiri bangunan,” ucapnya.

    Perlu diketahui, saat ini progres pembangunan flyover dan jembatan penyeberangan orang (JPO) Ciroyom di Kecamatan Andir dan Cicendo telah mencapai 33,5 persen. Pembangunan ini ditargetkan akan selesai akhir tahun 2023.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img