spot_img
Senin 26 Februari 2024
spot_img
More

    Mengenal Lezatnya Masakan Khas Sumatera: Dari Rendang hingga Gulai

    FOKUSJabar.id: Masakan khas Sumatera merupakan bagian penting dari kekayaan kuliner Indonesia. Sumatera adalah pulau besar yang terdiri dari beberapa provinsi, masing-masing memiliki masakan unik yang mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi setempat. 

    Berikut ini adalah beberapa masakan khas Sumatera yang terkenal:

    1. Rendang

    adalah salah satu masakan khas Sumatera yang paling terkenal di dunia. Masakan ini berasal dari Padang, Sumatera Barat. 

    Rendang adalah masakan daging dalam campuran bumbu rempah-rempah khas Indonesia, seperti serai, cabai, lengkuas, dan kelapa parut. Proses memasaknya sangat lambat sehingga menghasilkan daging yang lembut dan bumbu yang kaya rasa.

    2. Gulai 

    adalah masakan berkuah yang menggunakan santan sebagai bahan utama. Sumatera memiliki berbagai jenis gulai, seperti gulai ikan, gulai kambing, dan gulai ayam. Bumbu rempah yang kaya membuat gulai memiliki rasa yang lezat dan gurih.

    3. Pempek

    berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Pempek adalah makanan berbahan dasar ikan dengan campuran tepung sagu dan rempah-rempah. Penyajian pempek biasanya dengan cuka yang bercampur dengan gula dan cabai untuk memberikan rasa yang segar dan pedas.

    Baca Juga: Petai Bisa Membuat Awet Muda dan Jaga Kesehatan Jantung

    4. Martabak

    makanan yang bisa kita jumpai di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Sumatera. Ada dua jenis martabak, yaitu martabak manis dan martabak telur. 

    Martabak manis terbuat dari adonan tepung yang isinya coklat, kacang, atau keju. Sementara itu, martabak telur terbuat dari adonan berisi telur, daging, dan sayuran.

    5. Mie Aceh

    Mie khas dari Aceh, Sumatera Utara. Masakan khas Sumatera yang terkenal dengan cita rasa yang kuat dan pedas. Mie Aceh biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang kaya rasa, dengan tambahan daging, udang, atau ikan.

    6. Sate Padang

    adalah sate khas dari Padang, Sumatera Barat. Daging sate Padang dimasak dalam kuah kacang yang kaya rempah, sehingga memberikan rasa yang khas dan nikmat.

    7. Soto Padang

    Hidangan berkuah yang menggunakan santan sebagai bahan utama, mirip dengan gulai. Soto Padang biasanya disajikan dengan potongan daging, kerupuk, dan telur rebus.

    Masakan khas Sumatera menawarkan variasi rasa dan cita rasa yang kaya. Kelezatannya sering kali berasal dari penggunaan bumbu rempah-rempah yang unik dan tradisional. 

    Setiap daerah di Sumatera memiliki masakan khasnya sendiri, sehingga setiap kunjungan ke pulau ini menjadi kesempatan untuk mengeksplorasi keanekaragaman kuliner Indonesia.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img