spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Persiapan Mudik Lebaran 2023, Dishub Kota Bandung Mulai Lakukan Ramp Check

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung mulai melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan pada kendaraan bermotor menghadapi arus mudik lebaran 1444 Hijriah. Ramp check pertama kali dilakukan di pul bus Jackal Holidays di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (29/3/2023).

    Kepala Seksi Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Bandung Dede Agus Sumantri mengatakan, program ramp check terhadap bus-bus yang digunakan untuk mudik dilakukan dalam rangka menghadapi arus mudik lebaran 1444 hijriah. Diharapkan kendaraan yang digunakan nanti memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan.

    “Hasil sementara Jackal Holidays ini sangat patuh melaksanakan manajemen keselamatan dan memeriksa secara periode. Tidak ada temuan yang berarti dalam kondisi teknis kendaraan. Semua hampir layak operasi sekitar 50 unit,” kata Dede Agus Sumantri.

    BACA JUGA: Dukcapil Goes to Campus, 10 Ribu Mahasiswa UPI jadi Target IKD

    Dede Agus Sumantri menyebut, pada H-7 hingga H+7 kendaraan yang digunakan untuk mudik harus sudah siap beroperasi dan laik jalan. Total terdapat 10 pul bus yang akan dilakukan pemeriksaan ramp check.

    “Sasaran kami untuk pertama yaitu ke pool bus di Kota Bandung sekitar 10 bus termasuk pul bus pariwisata dan reguler. Kegiatan utama ramp check di terminal,”ucapnya.

    Menurutnya, kendaraan yang lulus ramp check akan diberi stiker tanda lulus teknis, uji elektronik dan administrasi seperti STNK dan trayek berjalan.

    “Pelanggaran yang biasa ditemukan dari kondisi teknis kendaraan dari unsur kemudi, lampu banyak temuan yang sifatnya sangat fatal terutama fokus fungsi kemudi dan rem,”ujarnya.

    BACA JUGA: Ledia Hanifah Memetik Pelajaran Dari Anggota Parlemen Jepang Penyintas HIV

    Pada kesempatan yang sama, Pemilik Jackal Holidays Rudi Ardianto Arifin mengaku rutin melakukan peremajaan bus pariwisata yang dikelola.

    Menurutnya, bus tertua yang dimiliki tahun 2018 dan baru sebentar digunakan akibat pandemi beberapa waktu lalu.

    “Kita punya bengkel perawatan setelah jalan ada keluhan dicek,”kata Rudi Ardianto Arifin .

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img