spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Ledia Hanifah Memetik Pelajaran Dari Anggota Parlemen Jepang Penyintas HIV

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Anggota DPR RI Fraksi PKS Ledia Hanifah memetik pelajaran dari anggota Parlemen Jepang yang merupakan penyintas HIV dan Hemophilia.

    Hal tersebut mengemuka ketika Ledia Hanifah saat melakukan pertemuan bersama sejumlah anggota Parlemen dari Jepang pada awal Maret 2023 lalu. Pada pertemuan perwakilan dari Indoneska dan Jepang berdialog mengenai l developmental disorder yang merupakan satu dari sekian banyak ragam disabilitas yang diakui dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

    Ledia Hanifah mengatakan, anggota parlemen penyintas HIV dan Hemophilia itu adalah HE Ryuhei Kawada, menurutnya Ryuhei ini penyintas HIV akibat dari transfusi darah. Kata Ledia, Ryuhei sangat terbuka dengan kondisinya saat ini.

    BACA JUGA: Liput Perizinan Reklame, Belasan Wartawan Dilarang Masuk Pendopo

    “Deg… Kaget. Tapi melihat beliau dengan ringan menjelaskannya, saya merasa ada banyak pergulatan batin yang telah dilalui. Dan Alhamdulillah semua terjelaskan dalam bukunya,” ujar Ledia seperti dikutip dari Instagram pribadinya, @ledia_hanifa, Senin (27/3/2023).

    Mengaku salut atas kegigihan Ryuhei, Ledia pun mampu menamatkan buku berbahasa Inggris yang diberikan Ryuhei malam itu juga. Sesekali, kata Ledia, dirinya harus mengusap pipi yang basah oleh air matanya.

    “Betapa tidak? Banyak shock yang dialami. Beliau hidup dengan hemophilia saja sudah sangat berat,” kata Ledia.

    Menurut Ledia, penderita hemofilia sangat terancam nyawanya jika terluka. Bahkan, beberapa kenalannya yang menderita hemofilia, kakinya mengecil hingga menyebabkan jalannya sedikit terganggu.

    BACA JUGA:

    Jenguk Korban Papan Reklame Roboh, Ini Kata Yana

    “Yang beliau alami bukan sekadar menghadapi hemophilinya, tapi kemudian pada kenyataan bahwa darah yang ditransfusikan dalam tubuhnya mengandung virus HIV sehingga ternyata beliau tertular HIV dari itu,” kata Ledia.

    Dikatakan Ledia, dalam buku yang dibacanya itu, sangat tampak pergulatan batin Ryuhei dalam mengatasi tantangan yang dihadapinya. Bahkan, sangat kentara pula bahwa Ryuhei selalu berpandangan positif terhadap hidup yang dijalaninya.

    “Ya, pelajaran hidup ada di mana-mana. Semoga kita termasuk orang yang dapat mengambil pelajarn hidup,” ucap Ledia.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img