spot_img
Rabu 21 Februari 2024
spot_img
More

    Ini Langkah Atasi Perilaku Konsumtif

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Perilaku konsumtif merupakan gaya hidup seseorang yang terbiasa membelanjakan uangnya tanpa mematangkan pertimbangan.

    Akibatnya, pengeluaran setiap hari akan membengkak. Bahkan jika dialami oleh bukan kalangan atas, memungkinkan mereka untuk terus berhutang.

    BACA JUGA:

    Fakta Menarik Suku Wanita Amazon

    Perbedaannya dengan hedonis, yaitu konsumtif menunjukkan gaya hidup boros. Sedangkan hedonis, pandangan hidupnya yang menganggap kesenangan adalah tujuan hidup.

    Orang seperti itu sering kali menjadi target pasar para penjual karena mudah tertarik oleh berbagai mode, trend-trend baru, iklan dan rayuan penjual.

    Berikut Cara Mengatasinya: 

    1. Mengatur Prioritas Kebutuhan

    Hal ini dapat dimulai dengan mencatat semua kebutuhan, lalu mengurutkannya sesuai tingkat kepentingannya dan mengeliminasi yang kurang penting.

    Kemudiaan catat kebutuhan-kebutuhan tersebut beserta dana yang dibutuhkannya. lalu seleksi lagi berdasarkan tingkat kemendesakannya.

    1. Membuat Anggaran Biaya

    Setelah mengatur prioritas kebutuhan, selanjutnya dibutuhkan anggaran biaya agar pengeluaran tidak menyalahi pendapatan.

    Caranya yaitu menempatkan dana yang dimiliki pada list prioritas kebutuhan tersebut agar fokus memenuhi anggaran dan menghindari belanja yang tidak penting.

    1. Berinvestasi

    Selanjutnya, hal yang dapat menjadi solusinya adalah menabungkan sebagian uang yang dimiliki atau berinvestasi jangka panjang.

    BACA JUGA: Film Unlocked Tayang di Netflix, Begini Karakter dan Sinopsisnya

    Menyisihkan uang untuk disimpan dan diinvestasikan berkemungkinan mendapat keuntungan dan menjamin masa depan.

    1. Membatasi Lingkungan Pergaulan

    Langkah selanjutnya, jika posisinya tidak dapat berubah karena lingkungan yang membuatmu berprilaku konsumtif, bisa dengan membatasi pergaulannya.

    Hal ini termasuk juga membatasi penglihatan baik online maupun offline, dan tidak terlalu welcome pada iklan agar tidak tertarik bujukannya untuk membeli.

    1. Bersedekah

    Bersedekah yaitu investasi akhirat yakni berbagi dengan orang lain, termasuk yang lebih membutuhkan. Dengan bersedekah, tentunya akan mengendalikan perilaku konsumtif.

    1. Hidup Minimalis

    Melalui gaya hidup minimalis, perilaku konsumtif dapat dihilangkan karena gaya hidup ini merupakan praktik menyederhanakan hidup.

    Sehingga dapat sehat secara finansial. menghemat waktu dan tenaga, mengurangi penyebab stres, dan ramah lingkungan.

    Demikian beberapa tips mengatasi perilaku konsumtif, agar hidup menjadi lebih tenang dan keuangan stabil.

    (Gita Yulia/Anthik)

    Berita Terbaru

    spot_img