spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    4 Parpol di Kota Banjar Membangun Koalisi Baru

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Geliat pembentukan koalisi Partai Politik (Parpol) menjelang Pilkada Kota Banjar Jawa Barat (Jabar) sudah mulai nampak.

    Empat Parpol di Kota Banjar pun sudah intens komunikasi, bertemu dan membuka ruang untuk berkoalisi. Yakni, NasDem, PKS, PAN dan Demokrat.

    BACA JUGA:

    Kendalikan Inflasi, Kota Bandung Tanam Cabai dan Bawang Serentak di 30 Kecamatan

    Menurut Ketua DPD Partai NasDem Kota Banjar, Budi Sutrisno, saat ini pihaknya baru membuka ruang koalisi dengan  Demokrat, PAN dan PKS.

    Meski demikian, Budi belum menyebutkan nama koalisi yang dibentuknya dengan tiga partai itu. Namun dirinya menyebutkan akan segera deklarasi.

    Budi menyebutkan, berdasarkan hasil pertemuan belum ada pembahasan terkait kandidat calon Wali Kota yang akan diusungnya.

    “Belum kita rumuskan tentang nama, harus istijhoroh dulu. Minggu depan kalau administrasi dan nama sudah dapat kita akan deklarasi,” ujarnya.

    Ketua DPC Partai Demokrat Kota Banjar, Irma Bastaman membenarkan terkait pertemuan dan pembahasan koalisi dengan partai politik lain.

    BACA JUGA:

    Pencalonan Dudung Sudiana di Pilkada Garut Kian Menguat

    Bahkan, Demokrat sendiri sebelumnya sudah berkomunikasi dengan partai-partai selain PKS, NasDem dan PAN.

    “Kalau kita sudah melakukan komunikasi dengan PKS, PAN, NasDem, Gerindra, Golkar dan PDI-P. Kalau kita yang penting tidak boleh ada sekat, harus sama-sama membangun Banjar,” kata Irma.

    “Untuk pertemuan dengan PAN, PKS dan NasDem itu silaturahmi jelang penjajakan koalisi,” ujar dia.

    Sebagai informasi, jika empat partai politik ini berkoalisi telah memenuhi syarat untuk mengusung calon kepala daerah di Kota Banjar.

    Sementara untuk Partai Golkar dan PDI-P Kota Banjar sendiri masing-masing bisa mengusung calon kepala daerah tanpa harus berkoalisi dengan partai politik lain.

    Keduanya memiliki raihan suara yang memenuhi untuk mengusung pasangan calon wali kota di Pilkada Banjar. Golkar mendapatkan 7 kursi dan PDIP 6 kursi DPRD.

    Sedangkan syarat partai politik di Kota Banjar bisa mengusung pasangan calon wali kota minimal harus memiliki 20 persen dari jumlah kursi di parlemen atau DPRD.

    (Budiana Martin/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img