spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Ini Dia 6 Fakta Unik Capybara

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Capybara atau kapibara merupakan salah satu jenis hewan pengerat yang populer di kalangan netizen Indonesia.

    Kenapa hewan Capybara dapat populer di kalangan netizen? Tentunya, karena hewan ini memiliki banyak keunikan tersendiri. Yuk, simak rangkumannya.

    1. Hewan pengerat terbesar

    Capybara atau Hydrochoerus hydrochaeris berasal dari Amerika Selatan yang termasuk salah satu jenis keluarga marmut atau hewan pengerat.

    BACA JUGA:

    Yuk Nonton Waktu Magrib di Bioskop Kesayangan Anda

    Berat hewan tersebut dapat mencapai 50 kg dan panjangnya dapat mencapai satu meter sehingga wajar jika dikenal sebagai hewan pengerat terbesar di dunia.

    1. Hewan Semi-Aquatic

    Capibara merupakan hewan asli daerah tropis dan lembap di Amerika Selatan ini, sehingga dapat berdiam di tengah hutan lebat maupun daerah dekat perairan.

    Capybara fokusjabar.id
    Capybara (foto web)

    Hal tersebut karena hewan menggemaskan ini merupakan jenis mamalia yang termasuk hewan semi-aquatic, yakni dapat hidup di air maupun di darat.

    Bahkan, hewan tersebut memiliki hobi berenang. Bahkan dapat menyelam selama 5 menit. Hal tersebut karena kedua kakinya memiliki selaput tipis.

    1. Hewan Jenis Herbivora

    Meskipun termasuk jenis herbivora, Capybara sangat pemilih dalam hal makanan. Selain memakan rumput dan buah-buahan, mereka juga menyukai kulit pohon dan tanaman air.

    Menurut berbagai sumber, Capybara sering mengonsumsi kotorannya sendiri karena kaya akan protein sehingga dapat memperbaiki gizinya.

    1. Populer dengan Sebutan Mas Bro

    Capybara populer di dunia online sejak lama. Hanya saja pada 2018, perhatian netizen lebih besar karena karakter hewan mirip marmut ini sangat unik.

    Mereka terbiasa hidup berkelompok dan tidak bisa hidup sendiri. Capybara terkenal sangat tenang dan ramah pada setiap makhluk hidup di sekitarnya.

    Bahkan, dalam beberapa cuplikan video yang viral di media sosial, hewan ini sangat santai saat berhadapan dengan buaya, hewan predator yang umumnya ditakuti.

    Karena santainya dan rutinitas kesehariannya yang unik, mereka dijuluki “Mas Bro” posisinya disamakan dengan seseorang yang akrab layaknya teman sehari-hari.

    BACA JUGA:

    Fakta Menarik Suku Wanita Amazon

    Selain itu, karena tampilannya yang lucu, unik dan menggemaskan, foto mereka sering tampil di media sosial. Baik dijadikan meme maupun sticker.

    1. Kulit dan Dagingnya dapat dikonsumsi

    Dilansir dari yoursay.id, Rasa daging Capibara dianggap seperti campuran antara daging babi dengan ikan.

    Meskipun dapat dikonsumsi akan tetapi mengkonsumsi daging Capybara masih mendapatkan pro dan kontra.

    Selain itu, di beberapa negara, hewan ini dianggap sebagai hewan yang dilindungi karena populasinya yang menurun akibat rusaknya habitat aslinya di alam.

    Daging Capibara dihargai cukup mahal dibandingkan daging sapi. Bahkan, di pasar gelap cukup langka karena susah untuk didapatkan.

    1. Penciuman dan Suaranya Unik

    Capibara memiliki dua indera penciuman, yakni morillo dan kelenjar anal. sehingga indra penciumannya tajam, bahkan dapat mencium aroma bulu pada tanaman yang jaraknya jauh.

    Capibara juga dapat mencium aroma rumahnya sendiri sehingga mereka dapat kembali ke rumah, meski telah melakukan perjalanan yang jauh.

    Dilansir dari Sindonews.com, Bunyi yang dihasilkan oleh mereka biasanya berupa gemertak gigi, merengek, bersiul, hingga menggonggong.

    BACA JUGA: Film Unlocked Tayang di Netflix, Begini Karakter dan Sinopsisnya

    Demikian fakta unik mengenai hewan spesies Marmut bernama Capibara. 

    (Gita Yulia/Anthik)

     

    Berita Terbaru

    spot_img